Sering Dilakukan Kaum Bucin, Ini 3 Dampak Buruk Sleep Call

Jum'at, 23 September 2022 - 08:42 WIB
loading...
Sering Dilakukan Kaum Bucin, Ini 3 Dampak Buruk Sleep Call
Di luar manfaatnya untuk menjalin komunikasi jarak jauh dengan pasangan, sleep call ternyata memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan. / Foto: ilustrasi/Health Line
A A A
JAKARTA - Pada era serba canggih seperti saat ini, jarak bukan lagi menjadi halangan untuk berkomunikasi. Kehadiran dan kecanggihan ponsel cerdas membuat segalanya lebih mudah.

Bahkan, bagi kaum 'bucin' --budak cinta--, berkomunikasi lewat gadget, baik itu melalui panggilan maupun video call merupakan kebiasaan yang sering dilakukan saat sebelum tidur. Kebiasaan itu sendiri dikenal dengan istilah sleep call.

Sleep call merupakan kebiasaan melakukan panggilan suara atau video di malam hari hingga tertidur. Pasangan yang melakukan sleep call biasanya tidak akan mematikan telepon hingga mereka terbangun keesokan harinya.

Baca juga: 4 Jajanan Anak-Anak yang Mengandung Kolesterol Tinggi, Orang Tua Wajib Tahu

Kebiasaan sleep call juga semakin populer sejak pandemi Covid-19 terjadi, yakni ketika orang-orang tidak saling bertemu secara langsung.

Sleep call memang memiliki beberapa manfaat agar terus terhubung dan menjalin komunikasi. Selain membuat pasangan yang berjauhan merasa lebih dekat, sleep call juga dapat mengusir rasa sepi.

Namun, di luar manfaatnya untuk menjalin komunikasi jarak jauh dengan pasangan, sleep call ternyata memiliki sejumlah dampak buruk bagi kesehatan . Berikut ulasannya.

1. Produksi Hormon Melatonin Terhambat

Melatonin merupakan hormon yang dilepaskan tubuh untuk mengendalikan siklus tidur-bangun dan membantu tubuh terlelap di malam hari.

Produksi melatonin bisa terhambat karena cahaya biru yang dipancarkan dari gawai, terutama saat melakukan panggilan video sebelum tidur.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1291 seconds (10.55#12.26)