Penanganan yang Akurat Dapat Meminimalisir Kerusakan Jantung

Kamis, 29 September 2022 - 16:15 WIB
loading...
Penanganan yang Akurat Dapat Meminimalisir Kerusakan Jantung
Penyakit jantung hingga saat ini masih menjadi salah satu penyakit dengan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi di dunia. / Foto: ist
A A A
JAKARTA - Penyakit jantung hingga saat ini masih menjadi salah satu penyakit dengan angka morbiditas dan mortalitas yang tinggi di dunia.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat angka morbiditas dan mortalitasnya mencapai 18,6 juta orang tiap tahunnya.

Sedangkan di Indonesia, menurut Kementerian Kesehatan, penyakit jantung juga menduduki peringkat tertinggi dengan membebani BPJS hingga lebih dari Rp10 triliun dan terus meningkat setiap tahunnya.

Baca juga: Kemenkes Ungkap 5 Faktor Pemicu Risiko Penyakit Jantung Bisa Dikendalikan

Bertepatan dengan Hari Jantung Sedunia, 29 September 2022, Rumah Sakit Premier Jatinegara (RSPJ) bersama tim Cardiac Center menggelar media gathering sekaligus seminar kesehatan jantung.

Acara tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi seluas-luasnya tentang bahaya penyakit jantung.

Dalam seminar mengenai pentingnya perawatan komprehensif pada orang yang terkena serangan jantung ini, dr. Hasril Hadis, Sp.JP(K), FIHA, menuturkan bahwa serangan jantung bisa menyebabkan kematian bila tidak segera tertangani.

"Namun tidak semua serangan jantung selalu langsung berakibat fatal, bisa saja seseorang mengalami serangan jantung ringan. Pada kasus seperti ini pertolongan pertama harus dilakukan secara cepat dan diikuti dengan penanganan dari ahli penyakit jantung secara komprehensif," jelasnya.

"Penanganan yang akurat sangat penting untuk meminimalkan kerusakan pada jantung, sehingga pasien dapat kembali pulih secara maksimal," lanjut dr. Hasril Hadis.

Pada kesempatan yang sama, CEO RSPJ, Dr. Susan Ananda menyampaikan bahwa salah satu layanan unggulan RSPJ adalah Cardiac Center. RSPJ memiliki fasilitas atau bangsal khusus pasien penyakit jantung (Cardiac Ward) yang berdiri sejak 2015 dengan layanan jantung komprehensif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1331 seconds (0.1#10.140)