4 Minuman Pantangan Penderita Darah Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Selasa, 04 Oktober 2022 - 12:45 WIB
loading...
4 Minuman Pantangan Penderita Darah Tinggi, Sebaiknya Dihindari
Minuman pantangan penderita darah tinggi sebaiknya dihindari. Hipertensi atau tekanan darah tinggi, kondisi yang disebabkan faktor genetik dan gaya hidup. Foto/Global News
A A A
JAKARTA - Ada empat minuman pantangan penderita darah tinggi yang sebaiknya dihindari. Hipertensi atau yang juga dikenal sebagai tekanan darah tinggi, merupakan kondisi kesehatan yang dapat disebabkan oleh faktor genetik dan gaya hidup.

Faktor gaya hidup yang tidak sehat, seperti kelebihan berat badan, jarang berolahraga, penggunaan nikotin, stres, dan diet juga dapat berkontribusi pada tekanan darah tinggi.

Memiliki penyakit ini tentunya menyebabkan ketidaknyamanan, terutama jika Anda ingin menikmati minuman atau makanan favorit. Pasalnya, Anda harus berhati-hati agar tidak menyebabkan tekanan darah naik.

Berikut daftar minuman pantangan bagi penderita darah tinggi yang harus dihindari seperti dilansir dari berbagai sumber, Selasa (4/10/2022).



1. Minuman Berkafein

4 Minuman Pantangan Penderita Darah Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Foto/The Cozy Coffee

Semua minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, dan minuman berenergi terkadang mengandung kafein yang dapat menyebabkan tekanan darah meningkat dengan 10 mmHg atau lebih. Bagi orang yang memiliki tekanan darah normal atau yang kerap mengonsumsi minuman berkafein setiap harinya, kafein bukanlah suatu masalah.

Tetapi jika memiliki darah tinggi, direkomendasikan untuk membatasi jumlah kafein harian dan memilih kopi tanpa kafein. Alternatif lain yang bisa dipilih adalah minuman dengan campuran sedikit kopi, atau teh bebas kafein sebagai pengganti. Minum lebih dari empat cangkir per hari memungkinkan tekanan darah tinggi.

2. Alkohol

4 Minuman Pantangan Penderita Darah Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Foto/Times of India

Mengonsumsi alkohol bisa menyebabkan tekanan darah tinggi kapanpun. Anda bisa minum alkohol, namun dalam batasan tertentu. Bagi pria dan wanita disarankan untuk tidak minum lebih dari 14 unit dalam seminggu. Alkohol juga mengandung kalori yang tinggi dan memicu bertambahnya berat badan yang kemudian dapat memicu tekanan darah.



3. Minuman Ringan


4 Minuman Pantangan Penderita Darah Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Foto/Yahoo Canada Style

Minuman ringan yang mengandung soda tinggi dapat memasok kalori dan gula. Dalam satu kaleng (atau 12 ons cairan) soda umumnya mengandung lebih dari 9 sendok teh gula, atau 39 gram total. Itu merupakan jumlah harian yang direkomendasikan untuk pria dan dua per tiga untuk wanita.

4. Soda

4 Minuman Pantangan Penderita Darah Tinggi, Sebaiknya Dihindari

Foto/Water Depot

Meskipun enak dan dapat dinikmati dengan harga yang terjangkau, minuman campuran dengan soda sangat tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki darah tinggi. Ada bukti bahwa gula tambahan dapat meningkatkan tekanan darah. Soda memiliki banyak gula tambahan, ketika mencampur alkohol dengan minuman manis, hal ini berpotensi memiliki dampak yang lebih besar dari tekanan darah, terutama jika kamu meminumnya dalam jumlah banyak.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2026 seconds (0.1#10.140)