6 Tips Memperkuat Imunitas Tubuh di Musim Hujan

Rabu, 05 Oktober 2022 - 07:29 WIB
loading...
6 Tips Memperkuat Imunitas Tubuh di Musim Hujan
Agar tidak mudah terserang penyakit, melindungi diri dengan memperkuat imunitas tubuh perlu dilakukan selama musim hujan ini. / Foto: ilustrasi/dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perubahan cuaca dalam beberapa waktu belakangan sering terjadi, dan hujan pun telah membasahi sebagian besar wilayah Indonesia.

Dalam kondisi tersebut, melindungi diri dengan memperkuat imunitas tubuh perlu dilakukan. Ini agar tidak mudah terserang penyakit.

Menukil sejumlah sumber, setidaknya terdapat 6 tips yang bisa dilakukan untuk memperkuat sistem imun di musim hujan, antara lain:

Baca juga: Apakah Penderita Kolesterol Harus Minum Obat Seumur Hidup? Ini Penjelasannya

1. Konsumsi Makanan yang Bersumber dari Nabati

Makanan nabati kaya akan nutrisi, terutama vitamin dan mineral. Antioksidan yang ada dalam makanan ini dapat membantu mengurangi peradangan.

Serat yang ada dalam makanan jenis ini memberi makan bakteri baik di perut yang tentunya bagus untuk membantu dan menjaga sistem kekebalan tubuh.

Beberapa sayuran yang harus ditambahkan ke dalam menu di antaranya bayam, brokoli, bawang putih -kaya akan allicin yang melawan pilek dan flu.

2. Makan Lebih Banyak Lemak Sehat

Lemak sehat diperlukan tubuh untuk menghasilkan energi, menyerap vitamin, dan juga mencegah masalah yang berhubungan dengan jantung. Lemak sehat juga meningkatkan respons kekebalan tubuh terhadap patogen.

Hindari makanan yang mengandung lemak trans buatan dan lemak jenuh. Masukkan lemak tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda ke dalam menu. Lemak ini anti-inflamasi dan baik untuk jantung. Hal itu juga bisa mempromosikan penurunan berat badan.

3. Mengonsumsi Makanan yang Difermentasi

Percaya atau tidak, makanan fermentasi dapat membantu bakteri baik di usus bekerja, sehingga memungkinkan sistem pencernaan juga berfungsi dengan baik. Makanan fermentasi kaya akan probiotik yang membantu sistem kekebalan tubuh.

4. Kontrol Asupan Gula Buatan

Gula yang ditambahkan dan dikonsumsi berlebihan adalah penyebab utama kenaikan berat badan dan obesitas. Seseorang harus memperhatikan berapa banyak gula yang mereka konsumsi setiap hari. Perhatikan jenis gula yang dikonsumsi, jangan melebihi dua sendok makan gula dalam sehari jika Anda menjalani diet 2.000 kalori.

Mengurangi asupan gula Anda memungkinkan penurunan berat badan yang dapat bermanfaat bagi Anda di masa depan, karena mengurangi peradangan juga dan meningkatkan kesehatan jantung. Jika Anda membutuhkan gula, Anda dapat beralih ke madu. Lebih enak dan sehat juga.

5. Berolahraga Secara Teratur

Olahraga ringan juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan meregenerasi sel-sel kekebalan secara teratur. Anda bisa memulai olahraga dari gerakan-gerakan yang ringan dan mudah terlebih dahulu, dan kemudian akan disesuaikan oleh tubuh.

Olahraga teratur mengurangi tekanan darah, menjaga berat badan tetap terkendali, dan juga meningkatkan kesehatan kardiovaskular. Ini lebih lanjut mempromosikan kekebalan yang lebih sehat terhadap berbagai penyakit dan infeksi.

Salah satu manfaat terbesar dari olahraga adalah memungkinkan Anda melepaskan endorfin, yang merupakan hormon bahagia di otak, sehingga membuat Anda merasa lebih ringan dan bahagia secara internal. Seseorang harus berolahraga setidaknya 150 menit per minggu.

6. Minum Cukup Air Putih

Dehidrasi dapat menjadi akar penyebab masalah pencernaan, sakit kepala, jantung, dan ginjal. Itu tidak memungkinkan Anda bisa tetap fokus pada aktivitas sehari-hari.

Baca juga: 7 Hal Pantang Dilakukan saat Rambut Basah, Bikin Rapuh dan Rusak

Air putih adalah sumber terbaik untuk membuang racun dalam tubuh. Ini juga merupakan alternatif paling sehat di luar sana karena tidak mengandung kalori atau gula.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0965 seconds (0.1#10.140)