Studi: Kesepian Meningkatkan Risiko Diabetes Tipe 2

Kamis, 06 Oktober 2022 - 05:00 WIB
loading...
Studi: Kesepian Meningkatkan Risiko Diabetes Tipe 2
Studi terbaru menunjukkan bahwa perasaan kesepian meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Penelitian ini dilakukan oleh Associate Professor Roger E. Henriksen. Foto/The Jed Foundation
A A A
JAKARTA - Studi terbaru menunjukkan bahwa perasaan kesepian meningkatkan risiko diabetes tipe 2 . Penelitian yang dipublikasikan di Diabetologia ini dilakukan oleh Associate Professor Roger E. Henriksen dan rekan-rekannya di Western Norway University of Applied Sciences.

Dilansir dari Times Now News, Kamis (6/10/2022) selain memeriksa hubungan antara kesepian dan risiko mengembangkan diabetes tipe 2, penelitian ini juga melihat apakah depresi dan insomnia berperan. Sebuah badan penelitian yang berkembang telah menunjukkan hubungan antara stres psikologis dan risiko individu mengembangkan diabetes tipe 2.

Kesepian menciptakan keadaan tertekan yang kronis dan terkadang berlangsung lama yang dapat mengaktifkan respons stres fisiologis tubuh. Sementara mekanisme yang tepat tidak sepenuhnya dipahami, respon ini diyakini memainkan peran sentral dalam pengembangan diabetes tipe 2 melalui mekanisme seperti resistensi insulin sementara yang disebabkan oleh peningkatan kadar hormon stres kortisol.

Proses ini juga melibatkan perubahan dalam pengaturan perilaku makan oleh otak, menyebabkan peningkatan nafsu makan untuk karbohidrat dan selanjutnya meningkatkan kadar gula darah. Studi sebelumnya telah menemukan hubungan antara kesepian dan makan yang tidak sehat termasuk konsumsi minuman manis yang lebih tinggi dan makanan yang kaya gula dan lemak.



Para peneliti menggunakan data dari HUNT. Basis data ini berisi informasi kesehatan (dari kuesioner yang dilaporkan sendiri, pemeriksaan medis, dan sampel darah) lebih dari 230.000 orang dan diperoleh melalui empat survei populasi yaitu HUNT1 (1984-1986), HUNT2 (1995-1997), HUNT3 (2006- 2008) dan HUNT4 (2017-2019).

Informasi dasar untuk 24.024 peserta diambil dari HUNT2 setelah mengecualikan individu dengan gangguan metabolisme, diabetes tipe 1 dan tipe 2 dan mereka yang data tes darahnya tidak tersedia. Status T2D adalah variabel hasil utama dan didasarkan pada HbA1c (hemoglobin terglikasi - ukuran kontrol gula darah jangka panjang) lebih besar dari 48 mmol/mol ketika diukur dalam survei HUNT4.

Kesepian diukur dari survei data HUNT2 apakah mereka merasa kesepian selama 2 minggu sebelumnya dan diukur pada skala empat poin (tidak, sedikit, cukup dan sangat banyak). Tingkat keparahan gejala depresi dinilai menggunakan kuesioner yang diisi selama HUNT3 yang terdiri dari 7 pertanyaan, masing-masing diberi skor pada skala 0-3 dengan total 0-21 poin, dengan skor yang lebih tinggi menunjukkan gejala yang lebih parah.

Individu dengan insomnia diidentifikasi berdasarkan jawaban mereka atas pertanyaan ‘Seberapa sering dalam 3 bulan terakhir Anda ‘sulit tidur di malam hari', 'terbangun berulang kali di malam hari' dan 'bangun terlalu dini dan tidak bisa kembali tidur', masing-masing.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1290 seconds (0.1#10.140)