5 Tanaman Obat Keluarga Penurun Kolesterol Jahat

Jum'at, 07 Oktober 2022 - 06:06 WIB
loading...
5 Tanaman Obat Keluarga Penurun Kolesterol Jahat
Kolesterol tinggi dapat diturunkan kadarnya dengan mengonsumsi obat-obatan alami yang ada di sekitar kita, salah satunya fenugreek atau kelabat. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Kolesterol tinggi dapat diturunkan kadarnya dengan mengonsumsi obat-obatan alami yang ada di sekitar kita. Mereka umumnya adalah jenis tanaman yang banyak tumbuh di lingkungan, salah satunya lingkungan rumah.

Tanaman obat keluarga (toga) merupakan tanamanan yang mudah hidup di pekarangan rumah dan memiliki beragam khasiat kesehatan, di antaranya membantu mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Jenis tanaman obat keluarga ini misalnya jahe, kunyit, temulawak, dan lain sebagainya.

Berikut lima tanaman obat keluarga penurun kolesterol.

Baca Juga: 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

1. Jahe

Dilansir dari laman Live Strong, jahe telah lama digunakan sebagai obat untuk sakit kepala, mual, muntah, mabuk perjalanan, dan radang sendi. Jahe dapat mengurangi peradangan, dan inilah mengapa beberapa peneliti berpikir hal itu bermanfaat untuk jantung Anda dan dapat menurunkan kolesterol tinggi.

Para peneliti dari sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Function pada 2013 menjelaskan bahwa jahe mengaktifkan enzim yang meningkatkan penggunaan kolesterol tubuh dan menurunkannya. Namun perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.

2. Kunyit

Menggunakan kunyit untuk menurunkan kadar kolesterol yang tinggi bisa dilakukan karena jenis rempah tersebut mengandung senyawa yang disebut kurkumin/curcumin. Curcumin telah terbukti mampu menurunkan kolesterol LDL dan mencegah oksidasi, serta menekan penumpukan plak di arteri.

Tapi, itu jauh dari semua manfaat kunyit. Studi terbaru mengungkapkan berbagai efek terapeutik rempah-rempah ini pada kolesterol LDL (kolesterol jahat), kesehatan jantung, dan banyak lagi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1751 seconds (11.97#12.26)