Kisah Cahyadi Eki Kam, Pengamen Jalanan yang Sukses Juarai All Together Now di Italia

Minggu, 09 Oktober 2022 - 00:34 WIB
loading...
A A A
Eki pun lolos audisi dan bisa mulai mengamen hingga berjalan 1 tahun. Setelah setahun, pandemi Covid-19 melanda dunia dan sempat parah di Italia. Kegiatan Eki pun terhenti, dan bisa mengamen lagi setelah new normal.

Respons warga Milan melihat penampilan Eki sangat baik. Tak sedikit orang yang mengambil video saat dia beraksi. Video tersebut akhirnya sampai ke tim redaksi All Together Now. Eki pun dipanggil untuk mengikuti ajang bergengsi tersebut.



"Aku suka sekali apresiasinya warga lokal dan turis di sini, banyak yang post di Instagramnya sampai dilihat redaksi All Together Now. Akhirnya aku dikontak dan suruh aku audisi, jadi senang sekali bisa dapat apresiasi apalagi juara 1 yang pertama dari kalangan warga negara Asia," ungkapnya.

Bukan perkara mudah untuk melalui setiap tahap dalam ajang tersebut. Pada tahap audisi, Eki harus bersaing dengan 4.000 peserta dari seluruh Italia dan luar Italia. Dia pun lolos 500 besar, 100 besar, 30 besar, 12 besar, final, dan akhirnya menang.

Dia pun memberi semangat bagi para musisi Indonesia untuk terus berkarya. "Tetap berkarya, jangan patah semangat karena rencana Tuhan itu indah, percaya diri dan pastinya jadi diri kamu sendiri because dreams do come true," pesannya.

Kesuksesan menjadi juara pertama dalam acara All Together Now Italia pada 2020 tak lantas meninggikan hati pribadi Eki. Sebaliknya, Eki tetap rendah hati dan menganggap ini adalah sebuah langkah awal untuk mewujudkan visinya ke depan, yaitu itikad mulia untuk berbuat sesuatu bagi bangsa Indonesia dalam hal musik.

Sebelumnya, Eki sempat mengasah bakat suara dan kemampuan bernyanyinya dengan mengikuti ajang Vocea Romaniei atau The Voice Romania. Di tengah mengikuti ajang tersebut, dia kembali ke Tanah Air ingin berbagi ilmu dan pengalaman guna mengembangkan kemampuan dan taraf hidup pengamen jalanan agar bisa mengikuti jejaknya jadi penyanyi profesional.

Baca juga: Polisi Akan Periksa ART dan Penjaga Rumah Lesti Kejora sebagai Saksi Tambahan

"Aku serius menjajaki karier penyanyi di Italia, dan sekarang mengikuti ajang The Voice Romania ikut blind audition, dan lolos, kebetulan semua jurinya berputar. November akan berjuang lagi ke tahap berikutnya. Aku ingin ke Indonesia karena ingin pulang dan bring legacy teman-teman di Indonesia terutama musisi jalanan," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1451 seconds (0.1#10.140)