Tips MotionPay: 5 Makanan Sehat untuk Jaga Kesehatan Jantung

Minggu, 09 Oktober 2022 - 09:55 WIB
loading...
Tips MotionPay: 5 Makanan Sehat untuk Jaga Kesehatan Jantung
Kesehatan tubuh merupakan bekal utama dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Kesehatan tubuh merupakan bekal utama dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Selain itu, menjaga kesehatan tubuh juga penting untuk mengantisipasi dan mengurangi risiko penyakit di kemudian hari. Salah satu organ vital manusia yang berperan penting dalam menunjang kelangsungan hidup adalah jantung. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan kesehatan jantung dengan mengonsumsi asupan yang sehat, antara lain:

1. Buah dan Sayuran
Buah dan sayuran sangat baik untuk jantung karena mengandung antioksidan yang berfungsi melindungi jantung dan kaya akan serat. Anda dapat memilih sayuran hijau, seperti bayam, kangkung, sawi, kale, brokoli, dan lain-lain. Untuk buah-buahan, Anda dapat mengonsumsi tomat, stroberi, jeruk, pepaya, melon, dan sebagainya.

2. Kacang dan Biji-bijian Utuh
Kacang mengandung zat kimia alami yang dihasilkan oleh tumbuhan (fitonutrien) serat, air, dan antioksidan sehingga baik untuk jantung, antara lain badam (almond), kenari, hazelnut, mete, kacang merah, lentil, dan sebagainya. Biji-bijian utuh mengandung serat yang lebih bermanfaat dibandingkan dengan biji-bijian olahan, seperti biji chia, biji bunga matahari, biji labu, biji rami, dan lain-lain. Biji-bijian ini kaya akan protein, antioksidan, dan mineral (zat besi, zinc, magnesium).

3. Lemak Sehat
Anda memang sebaiknya menghindari makanan yang mengandung lemak. Namun, terdapat lemak sehat yang baik untuk dikonsumsi dalam jumlah sedang untuk menurunkan kolesterol, serta melindungi dari serangan jantung dan stroke. Lemak sehat ini antara lain minyak zaitun (olive oil), minyak canola, alpukat, susu rendah lemak dalam yoghurt, keju, dan krim asam (sour cream), salmon, tuna, sarden, dan sebagainya.



4. Bawang Putih
Bawang putih memang telah dikenal sejak lama sebagai obat alami untuk berbagai penyakit, termasuk membantu meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena bawang putih mengandung senyawa alisin yang berfungsi sebagai antibakteri. Selain itu, bawang putih juga dapat membantu menurunkan kolesterol dan tekanan darah tinggi sehingga mengurangi risiko serangan jantung.

5. Cokelat Hitam
Cokelat hitam mengandung senyawa bioaktif yang serupa dengan antioksidan dan ditemukan dalam bahan makanan yang berasal dari tumbuhan (flavonoid), sehingga dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung koroner, stroke, dan diabetes. Namun, pastikan Anda memilih cokelat hitam berkuaitas baik dengan kandungan kakao minimal 70% untuk menghindari kandungan tinggi gula dan kalori.

Managing Director Motion Technology Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan bahwa sangat penting untuk memperhatikan asupan makanan agar tetap sehat dan mengantisipasi risiko penyakit di masa depan. Selain asupan makanan, memiliki jaminan kesehatan seperti BPJS Kesehatan juga penting untuk Anda dan keluarga tercinta. Agar BPJS Kesehatan Anda selalu aktif, Anda bisa dengan mudah melakukan pembayaran BPJS Kesehatan secara online melalui aplikasi MotionPay setiap bulannya.

MotionPay adalah layanan aplikasi uang elektronik dari PT MNC Teknologi Nusantara, entitas anak dari PT MNC Kapital Indonesia Tbk (BCAP) yang berada di bawah naungan MNC Group. Telah terdaftar dan memperoleh izin oleh Bank Indonesia sebagai penyelenggara sistem pembayaran elektronik (e-money, e-wallet, dan digital remittance). Download aplikasi MotionPay di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motionpay
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)