Ahli Gizi Ingatkan Pentingnya Jaga Prokes agar Terhindar Penyakit di Musim Hujan

Selasa, 11 Oktober 2022 - 21:32 WIB
loading...
Ahli Gizi Ingatkan Pentingnya Jaga Prokes agar Terhindar Penyakit di Musim Hujan
Menjaga protokol kesehatan di musim hujan seperti sekarang ini sangat penting, terlebih situasi pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Ahli gizi, dr. Yohan Samudra mengingatkan pentingnya menjaga protokol kesehatan di musim hujan seperti sekarang ini. Terlebih, situasi pandemi Covid-19 belum sepenuhnya berakhir.

Dokter Yohan menekankan agar masyarakat tidak perlu terlalu risau, dan tetap rileks. Pasalnya, perasaan risau bisa mengakibatkan stres, yang berujung menurunkan sistem imunitas tubuh.

" Prokes 5M tetap harus dilakukan, jangan lupa infeksi tidak hanya Covid-19, dan lebih banyak yang terkena di musim penghujan, tetap waspada. Tapi tidak perlu terlalu khawatir, karena tingkat kecemasan atau stres yang tinggi justru dapat menurunkan imunitas," tutur Ahli Gizi Primaya Hospital Tangerang itu saat dijumpai, Selasa (11/10/2022).

Baca juga: Ok Ja Yeon dan Kim Ga Eun Akan Bertempur Sengit di The Queen's Umbrella

Prokes 5 M itu di antaranya pakai masker, cuci tangan pakai sabun, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

Di samping itu, lanjut dr. Yohan, perlu juga menjaga pola makan tetap sehat serta ditunjang vitamin C dan D. Salah satu menjaga kesehatan tubuh adalah dengan mengurangi kebiasaan mengonsumsi makanan berminyak atau instan.

"Tetap berusaha menjaga daya tahan tubuh dengan pola makan gizi seimbang terutama yang kaya vitamin C, vitamin D dan zink," ujar dia.

Baca juga: Viral, Pedagang Sempol Dijauhi Emak-Emak Gara-Gara Ada Foto Rizky Billar di Gerobak

"Sering kali saat musim penghujan orang lebih memilih makanan hangat berkuah tinggi minyak seperti mi instan, mi baso, tongseng, samyang, seblak, dan sebagainya, yang justru dapat menurunkan imun jika dimakan berlebihan," pungkasnya.
(nug)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1524 seconds (10.177#12.26)