Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu, Wajib Tahu!

Rabu, 12 Oktober 2022 - 04:00 WIB
loading...
Cara Mengecek BPOM Kosmetik Asli atau Palsu, Wajib Tahu!
Cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu penting untuk diketahui. Pasalnya, BPOM temukan 41 obat tradisional, 16 item kosmetik mengandung bahan berbahaya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu penting untuk diketahui. Pasalnya, berdasarkan hasil sampling dan pengujian selama periode Oktober 2021 hingga Agustus 2022, BPOM temukan sebanyak 41 obat tradisional mengandung BKO, serta 16 item kosmetik mengandung bahan dilarang atau bahan berbahaya.

Berbahayanya lagi barang-barang temuan ini tak hanya ditemukan pada toko-toko konvensional. Namun, juga beredar melalui platform situs, media sosial, dan e-commerce dengan beragam klaim yang berlebihan.

Oleh karena itu, sebagai konsumen penting untuk mengetahui apakah suatu produk BPOM dalam hal ini terutama kosmetik asli atau palsu. Berikut ini adalah cara mengecek BPOM kosmetik asli atau palsu seperti dikutip dari situs resmi BPOM, Rabu (12/11/2022).

Cek Melalui Situs BPOM



1. Buka situs cekbpom.pom.go.id di browser
2. Pilih kolom "Cari Berdasarkan" dengan pilihan "Nomor Registrasi"
3. Masukkan nomor registrasi yang tertera di kemasan produk pada kolom "Kata Kunci". Biasanya di kemasan produk akan tertulis BPOM lalu diikuti dengan nomor registrasinya
4. Selanjutnya pilih "Cari"
5. Kemudian akan muncul tampilan informasi terkait produk yang dicari
6. Jika produk yang dicari terdaftar di BPOM, maka akan muncul deskripsinya secara lengkap. Sementara itu jika tidak terdaftar, maka tidak muncul deskripsi produknya.

Selain itu, BPOM juga menyarankan bagi para konsumen untuk menginstal aplikasi bernama Cek BPOM. Berikut langkah-langkahnya.

1. Unduh aplikasi "Cek BPOM" di Google Play Store atau App Store
2. Pada tampilan halaman utama, klik "Semua Produk"
3. Kemudian pilih pencarian berdasarkan kategori produk di BPOM
4. Pilih "Nomor Registrasi"
5. Masukkan nomor izin edar BPOM yang tertera di kemasan produk untuk mendapatkan informasi produk
Apabila produk telah terdaftar, akan muncul daftar lengkap terkait produk tersebut.



Sebagai konsumen, penting untuk lebih kritis dan tidak begitu saja percaya dengan klaim-klaim yang berlebihan serta harga produk yang murah dengan hasil instan. Belilah produk-produk kosmetik di toko-toko resmi.
(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2566 seconds (0.1#10.140)