6 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 5 Jarang Diketahui

Kamis, 13 Oktober 2022 - 16:32 WIB
loading...
6 Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Tubuh, Nomor 5 Jarang Diketahui
Manfaat temu Temulawak untuk kesehatan tubuh ternyata banyak khasiatnya. Mulai dari pengobatan alternatif hingga mencegah dan mengobati kanker. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Manfaat temu Temulawak untuk kesehatan tubuh ternyata banyak khasiatnya. Mulai dari pengobatan alternatif hingga mencegah dan mengobati kanker.

Seperti diketahui Temulawak sendiri sering dijadikan obat alami bagi beberapa jenis penyakit, misalnya yang paling umum adalah demam atau masuk angin. Tanaman herbal ini sebagai alternatif supaya tubuh tetap fit dan terhindar dari berbagai penyakit.

Temulawak memiliki beberapa kandungan yang sangat baik untuk tubuh, seperti protein, karbohidrat, serta minyak atsiri yang terdiri dari kamfer, glukosida, turmeron, dan kurkumin. Nah, kurkumin inilah yang bermanfaat sebagai anti-inflamasi serta anti-hepatotoksik.

Berikut manfaat Temulawak lainnya, seperti dilansir dari laman Health Benefits Times, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Rutin Konsumsi Temulawak Bisa Mencegah Penyakit Hati

1. Pengobatan alternatif untuk disfungsi hati

Kurkuminoid atau Temulawak memiliki khasiat mengobati gangguan kesehatan hati dan mencegah perlemakan sel hati.

Beberapa penelitian ilmiah dan uji klinis telah dilakukan oleh para ilmuwan baik dari Indonesia maupun dunia, dan hasilnya secara umum mendukung penggunaan Kunyit Jawa sebagai obat tradisional yang dapat digunakan untuk penyakit liver dan pegal linu.

2. Mengatasi gangguan pencernaan

Berbagai gangguan kesehatan pada saluran pencernaan seperti perut kembung, dispepsia, dan gangguan pencernaan dapat diatasi dengan Kunyit Jawa. Kunyit Jawa sendiri termasuk dalam bagian temulawak.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1988 seconds (11.210#12.26)