Fermentasi, Solusi Kunci Menutrisi Populasi Dunia

Kamis, 13 Oktober 2022 - 18:38 WIB
loading...
Fermentasi, Solusi Kunci Menutrisi Populasi Dunia
Empat unit bisnis Lesaffre Asia Pasifik berkumpul untuk pertama kalinya di tahun ini untuk menggelar pameran di Food Ingredients Asia (FiA 2022): Baking with Lesaffre, Biospringer, Gnosis and Procelys. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Melalui empat unit bisnisnya di Asia Pasifik , Lesaffre meningkatkan kesadaran akan manfaat ragi di Fi Asia 2022. Menutrisi 9 miliar orang pada tahun 2050 dengan cara yang sehat, sekaligus menyelamatkan sumber daya bumi merupakan tantangan besar yang dapat dilakukan oleh ragi dan proses fermentasi.

Fermentasi telah diterapkan selama berabad-abad dalam industri makanan, bahkan di industri kesehatan , bahan bakar, dan industri bahan kimia. Bagi Lesaffre, fermentasi mewakili masa depan, baik karena potensinya dalam hal inovasi teknologi, maupun kemampuannya untuk memberi makan populasi global yang terus meningkat, secara sehat dan berkelanjutan.

Meskipun ragi mampu menjadi jawaban untuk memelihara populasi dunia, namun sebagian besar masyarakat umum masih belum menyadari potensi ragi yang tidak terbatas. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lesaffre, hanya 17% dari mereka yang mampu menjawab definisi yang tepat tentang ragi.

Dalam rangka memenuhi tantangan untuk meningkatkan kesadaran ini, exploreyeast.com menawarkan berbagai informasi melalui pendekatan yang menyenangkan dan mengedukasi. Lesaffre menggunakan tagar “#PoweredByYeast” untuk mengilustrasikan semangat dalam mengeksplorasi keuntungan dan manfaat yang dibawa ragi ke dalam produksi produk fermentasi, terutama dalam hal tekstur, rasa, dan komposisi nutrisi.

Baca Juga: Fermentasi Buah dan Sayur Bisa Jadi Alternatif Cegah Obesitas

Untuk lebih meningkatkan kesadaran akan manfaat ragi, empat unit bisnis Lesaffre Asia Pasifik berkumpul untuk pertama kalinya di tahun ini untuk menggelar pameran di Food Ingredients Asia (FiA 2022): Baking with Lesaffre, Biospringer, Gnosis and Procelys. Acara ini diadakan di Jakarta, tanggal 7 - 9 September 2022 lalu, Fi Asia 2022 adalah salah satu media terkemuka yang menghubungkan antara penyuplai dengan pembeli.

Direktur Komersial Lesaffre Asia Pasifik, Gilles Salmon mengatakan bahwa ragi roti memainkan peranan penting dalam pembuatan roti, proses fermentasi, dan pengembangan aroma roti. Baking with Lesaffre menawarkan solusi untuk membantu para pembuat roti agar lebih berinovasi dengan menyediakan bahan dan pengetahuan untuk menghidupkan kembali tren pembuatan roti.

“Kami telah melihat pertumbuhan di Asia Pasifik untuk industri ritel makanan yang diprediksi akan tumbuh hampir 8% dalam 5 tahun ke depan. Hal ini memotivasi kami untuk terlibat lebih jauh dengan industri roti di APAC yang sedang mengalami transformasi yang fantastis. Pengaplikasian baking-pun sekarang semakin beragam, dan pembuat roti APAC sedang mengeksplorasi teknik yang lebih kompleks sehingga diperlukan solusi tingkat lanjut dan SDM Lesaffre juga menjadi aset perusahaan,” tambah Salmon.

Selain itu, proses fermentasi juga dikembangkan untuk Biospringer yang menawarkan berbagai ekstrak ragi dan bahan turunan ragi kepada pelanggan. Keragaman rasa dan intensitas ekstrak ragi dapat menonjolkan rasa dari berbagai bahan makanan manis dan gurih, termasuk saus dan bumbu, makanan ringan, daging buatan, daging olahan, dan masih banyak lagi.

Persepsi komponen yang dimiliki setiap rasa memiliki tujuan nutrisi dan menjadikan ekstrak ragi sebagai solusi alami dan berlabel bersih untuk mengembangkan produk yang lebih sehat dengan pengurangan garam.

"Berkat kehadiran regional mereka di Asia Pasifik, Biospringer bermitra dengan klien untuk menciptakan bahan-bahan yang inovatif dan alami dari fermentasi ragi, serta membantu membuat makanan lebih enak dan lebih sehat sekaligus dapat diandalkan tanpa merusak planet dan manusia," ungkap Salmon.

Sementara itu, Biospringer Head of Asia Pacific, Philippe L’Honneur mengatakan konsumen semakin sadar akan kesehatan dan makanan yang mereka konsumsi, tetapi rasa tetap menjadi faktor kunci penerimaan dalam preferensi makanan mereka.

"Mengingat tren dan tantangan saat ini, Biospringer telah mengembangkan bahan-bahan inovatif dan alami dari fermentasi ragi untuk membuat makanan lebih sehat dan enak tanpa mengurangi cita rasa. Berkat pengetahuan dan inovasi pasar yang kuat, para ahli teknis APAC kami yang berbasis di Singapura mampu mendukung produsen makanan dalam setiap tantangan formulasi lokal termasuk pengurangan garam, pengurangan gula, dan banyak lagi," kata dia.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1597 seconds (10.101#12.26)