3 Minuman untuk Penderita Darah Tinggi, Nomor 2 Terbukti Manjur

Senin, 17 Oktober 2022 - 05:30 WIB
loading...
3 Minuman untuk Penderita Darah Tinggi, Nomor 2 Terbukti Manjur
Minuman herbal atau tradisional, dikenal ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga harus rutin melakukan cek tensi darah, untuk memantau kesehatan. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Penyakit darah tinggi umumnya muncul karena pola hidup yang tidak sehat. Penyakit yang juga disebut hipertensi ini, bisa diatasi dengan cara alami.

Minuman herbal atau tradisional, dikenal ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu juga harus rutin melakukan cek tensi darah, untuk memantau kesehatan.

"Kalau ada alarm itu lebih bagus kalau tidak berbahaya. jadi darah tinggi bukan hanya nyeri kepala ya standardnya untuk hipertensi ya cek tensi secara rutin," ujar dr Endemina Theresia Sp.Pd-Finasim, Dokter Spesialis Penyakit Dalam RSHB dalam Health Talk Tips Menghindari Penyakit Kronis Agar Hidup Menjadi Lebih Manis di Inews Tower, Jumat (14/10/2022)

Berikut 3 minuman alami, bisa menurunkan tekanan darah tinggi, yang dirangkum dari berbagai sumber.

Baca Juga: Minuman Panas Terbukti Kurangi Risiko Hipertensi hingga 65%

1. Jahe
Jahe dikenal sebagai salah atu bahan bumbu masak. Namun juga dapat digunakan sebagai minuman tradisional untuk menurunkan tekanan darah si penderita hipertensi.

Sebuah penelitian pada lebih dari 4.000 orang menemukan bahwa mereka yang paling banyak mengonsumsi jahe 2–4 gram per hari, memiliki risiko paling rendah terkena tekanan darah tinggi.

2. Kayu Manis
Minuman yang dicampur dengan kayu manis ternyata baik bagi penderita hipertensi. Kemanjurannya terbukti dalam sebuah penelitian pada hewan menunjukkan, kayu manis dapat membantu melebarkan dan mengendurkan pembuluh darah.

Melansir Healthline bahwa mereka yang mengonsumsi 500-2.400 mg kayu manis setiap hari, selama 12 minggu dapat mengalami penurunan rata-rata 5,39 mm Hg pada tekanan darah sistolik dan 2,6 mm Hg pada tekanan darah diastolik.

3. Jus Delima
Buah yang kurang populer di tengah masyarakat ini ternyata bermanfaat bagi penderita hipertensi. Sebuah tinjauan literatur tahun 2017, dari delapan uji coba terkontrol secara acak menemukan bahwa mengonsumsi jus delima dapat membantu menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Pola hidup sehat membantu menurunkan tingkat tekanan darah dan mendukung kesehatan jantung. Sehingga tidak ada salahnya untuk mencoba minuman alami di atas, dengan tetap mengontrol asupan buah dan gulanya.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1358 seconds (10.177#12.26)