Masih Banyak yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Serangan Jantung dan Henti Jantung

Senin, 17 Oktober 2022 - 08:52 WIB
loading...
Masih Banyak yang Belum Tahu, Ini Perbedaan Serangan Jantung dan Henti Jantung
Serangan jantung dan henti jantung merupakan dua penyakit fatal yang harus diwaspadai setiap orang. / Foto: ilustrasi/freepik.com
A A A
JAKARTA - Serangan jantung dan henti jantung merupakan dua penyakit fatal yang harus diwaspadai setiap orang. Namun keduanya merupakan kondisi yang berbeda.

Masih belum banyak yang bisa membedakan kondisi dari kedua medis tersebut, meskipun keduanya berkaitan dengan sistem pemompa darah.

Serangan jantung merupakan kondisi di mana arteri yang membawa darah menuju jantung menyempit atau tersumbat, sehingga menyebabkan jantung tidak menerima pasokan darah dan oksigen yang cukup.

Baca juga: Apa Itu Sindrom Imposter dan Bagaimana Menghadapinya?

Sedangkan henti jantung adalah kondisi di mana jantung berhenti karena adanya gangguan pada sistem kelistrikan jantung sehingga irama jantung terganggu.

Jantung sendiri memiliki sistem kelistrikan yang berfungsi untuk menjaga pemompa darah bekerja dengan lancar.

Jantung harus selalu memompa darah ke organ tubuh lainnya seperti otak dan paru-paru. Maka bila jantung sudah berhenti memompa darah dapat menyebabkan organ tersebut tidak bekerja dengan baik, sehingga memicu kematian.

Selain pengertian keduanya yang berbeda, adapun hal lain yang kembali membedakan apa itu serangan jantung dan henti jantung.

Berikut perbedaan serangan jantung dan henti jantung yang harus kamu tahu, seperti dikutip dari laman heart.org.

1. Gejala yang muncul
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2007 seconds (0.1#10.140)