Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah, Waspada 8 Penyakit Ini

Selasa, 18 Oktober 2022 - 06:00 WIB
loading...
Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah, Waspada 8 Penyakit Ini
Ada banyak penyebab sakit perut sebelah kanan bawah. Rasa sakit di perut tidak perlu dikhawatirkan. Itu akan hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari. Foto/Healthline
A A A
JAKARTA - Ada banyak penyebab sakit perut sebelah kanan bawah . Lebih sering daripada tidak, rasa sakit di perut kanan bawah tidak perlu dikhawatirkan. Itu akan hilang dengan sendirinya dalam satu atau dua hari.

Sebagian besar, sakit perut kanan bawah tidak serius. Anda harus segera mendapat pertolongan medis jika tiba-tiba mengalami sakit perut yang parah, terus-menerus atau sakit disertai dengan gejala seperti perasaan tertekan di dada.

Rasa sakit di dada, rahang, leher, atau lengan, sesak napas, pusing atau sakit kepala ringan, kesulitan atau rasa sakit saat menelan, berkeringat, demam, mual dan muntah terus-menerus, kulit atau mata putih yang tampak kuning.

Nyeri tekan yang parah saat menyentuh perut, pembengkakan yang tidak biasa pada perut Anda, kehilangan nafsu makan terus-menerus, penuruan berat badan yang tidak biasa. Berikut penyebab sakit perut sebelah kanan seperti dilansir dari Healthline, Selasa (18/10/2022).



1. Radang Usus Buntu

Radang usus buntu merupakan penyebab umum rasa sakit di perut kanan bawah. Rasa sakit bisa datang tiba-tiba dan bertambah buruk saat bergerak atau bernapas. Gejala lain dari radang usus buntu dapat meliputi kehilangan selera makan, mual atau muntah, pembengkakan perut, demam, masalah usus, seperti diare, sembelit, atau tidak bisa buang gas.

Kondisi ini seringkali membutuhkan perhatian medis segera. Ada kemungkinan usus buntu yang meradang pecah, yang dapat menyebabkan komplikasi yang mengancam jiwa. Jadi, jika Anda mengalami gejala radang usus buntu, sebaiknya segera periksakan ke dokter atau pergi ke ruang gawat darurat terdekat.

2. Infeksi Ginjal

Infeksi ginjal disebabkan oleh bakteri yang biasanya berasal dari saluran kemih. Salah satu atau kedua ginjal bisa terkena infeksi. Meskipun Anda merasakan sakit di perut bagian bawah, ketidaknyamanan akibat infeksi ginjal lebih sering terjadi di punggung atau samping. Anda mungkin juga merasakan sakit di selangkangan, tetapi ini lebih jarang terjadi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2102 seconds (0.1#10.140)