Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Bawah, Waspada 8 Penyakit Ini

Selasa, 18 Oktober 2022 - 06:00 WIB
loading...
A A A
Dokter tidak tahu persis apa yang menyebabkan IBS, meskipun tampaknya terkait dengan interaksi antara usus dan otak.

6. Gangguan Pencernaan

Gangguan pencernaan, atau dispepsia adalah sekelompok gejala pencernaan. Kondisi ini biasanya terjadi setelah makan atau minum sesuatu, tetapi bisa juga terjadi di waktu lain. Sakit biasanya terjadi di perut bagian atas, meski mungkin terasa di bagian bawah. Mungkin terasa tajam, tumpul, atau seperti terbakar.

Gejala gangguan pencernaan juga meliputi kembung, merasa sangat kenyang setelah makan sedikit, mual, gas, bersendawa dan makanan atau cairan yang terasa pahit muncul kembali. Gangguan pencernaan ringan akan hilang dengan cukup cepat dan biasanya dapat diobati di rumah.

7. Kram Menstruasi

Kram menstruasi, atau dismenore adalah gejala menstruasi. Kondisi ini dapat terjadi sebelum atau selama menstruasi Anda. Kram paling sering dirasakan di salah satu atau kedua sisi perut bagian bawah, di mana rahim berkontraksi untuk menghilangkan lapisannya. Seiring dengan rasa sakit, gejala lain dapat meliputi mual atau muntah, diare, sakit kepala dan pusing.

8. Endometriosis

Meskipun kram adalah gejala umum menstruasi, kram juga dapat disebabkan oleh masalah seperti endometriosis. Ini merupakan kondisi jangka panjang (kronis) di mana sel-sel yang biasanya melapisi rahim, yang disebut sel-sel endometrium, tumbuh di luar rahim.

Selain kram parah dan nyeri perut bagian bawah, endometriosis dapat menyebabkan rasa sakit saat berhubungan seks, rasa sakit saat buang air kecil atau buang air besarn dan menstruasi berat.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)