Sakit Perut Sebelah Kiri Sering Muncul, Waspadai Gejala 6 Penyakit Ini!

Kamis, 19 Agustus 2021 - 21:25 WIB
loading...
Sakit Perut Sebelah Kiri Sering Muncul, Waspadai Gejala 6 Penyakit Ini!
Sakit perut sebelah kiri bisa jadi tanda adanya beberapa penyakit serius. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A A A
JAKARTA - Sakit perut sebelah kiri yang seringkali muncul jangan diabaikan, karena bisa jadi ini merupakan gejala adanya penyakit serius. Banyaknya organ tubuh yang ada dalam perut, membuat banyak gejala penyakit diawali dengan keluhan sakit perut.
iknya lebih waspada

Dari keluhan sakit atau pun nyeri perut dokter biasanya akan mencari diagnosa dengan menanyakan bagian sebelah mana yang sakit. Sakit perut sebelah kanan dan kiri bisa mengindikasikan gejala penyakit yang berbeda. Seperti Dilansir laman Hello Sehat, berikut ini penyakit yang ditandai dengan sakit perut sebelah kiri:

1. Angina

Angina adalah istilah yang digunakan untuk nyeri dada yang disebabkan oleh berkurangnya aliran darah ke otot jantung. Angina adalah gejala dari penyakit arteri koroner. Angina biasanya digambarkan sebagai sensasi seperti dada diremas, atau tekanan, berat, sesak atau sakit di dada Anda. Angina, juga disebut angina pectoris, bisa menjadi masalah yang berulang atau tiba-tiba.

Gejala angina yang dimiliki wanita dapat berbeda dari gejala angina klasik. Misalnya, perempuan akan lebih sering menunjukkan gejala seperti mual, sesak napas, sakit perut sebelah kiri, atau kelelahan ekstrem, dengan atau tanpa nyeri dada. Atau, mereka mungkin merasakan ketidaknyamanan di leher, rahang, atau punggung, atau nyeri yang terasa menusuk bukan menekan dada yang umum. Perbedaan ini dapat menyebabkan keterlambatan dalam mencari pengobatan.Penyakit angina biasanya ditandai dengan nyeri perut bagian kiri atas.

Baca Juga : Sakit Perut Sebelah Kanan Jangan Diabaikan, Bisa Jadi Gejala 5 Penyakit Ini!

2. Pankreatitis akut

Adanya peradangan di pankreas atau yang disebut pankreatitis seringkali menyebabkan rasa sakit di sisi kiri atas perut Anda. Keluhan biasa terjadi mendadak dan menyebabkan nyeri di daerah perut bagian atas (atau epigastrium). Nyeri sering menjalar ke punggung.Pankreatitis akut juga dapat melibatkan organ lain. Kondisi ini juga dapat berkembang menjadi pankreatitis kronis jika Anda memiliki keluhan menetap dan berlanjut.

3. Gastritis atau Iritasi Lambung

Gastritis dapat terjadi ketika terdapat iritasi pada lapisan lambung. Gastritis dapat diakibatkan oleh infeksi bakteri H. pylori yang selanjutnya dapat mengakibatkan luka. Obat penghilang rasa sakit tertentu dan minum terlalu banyak alkohol juga dapat mengakibatkan gastritis. Gejalanya termasuk sakit perut sebelah kiri atas yang terasa perih atau terbakar (yang mungkin membaik setelah makan), mual dan muntah, serta perasaan perut atas penuh setelah makan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2110 seconds (0.1#10.140)