Anak Tak Buang Air Kecil selama 6 Jam, IDAI Sarankan Segera Bawa ke Rumah Sakit

Selasa, 18 Oktober 2022 - 19:57 WIB
loading...
Anak Tak Buang Air Kecil selama 6 Jam, IDAI Sarankan Segera Bawa ke Rumah Sakit
Anak tak buang air kecil selama 6 jam disarankan untuk segera bawa ke Rumah Sakit. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Buang air kecil atau pipis merupakan salah satu proses alami tubuh yang terjadi pada setiap orang. Proses alami ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia.

Saat seseorang mengalami kesulitan atau jarang pipis, maka orang tersebut harus diwaspadai adanya gangguan atau masalah pada tubuhnya.

Saat ini sedang ramai berita tentang penyakit gangguan ginjal akut misterius. Penyakit ini banyak mengintai anak-anak di usia 1 hingga 5 tahun.

Salah satu ciri-cirinya adalah mereka mengalami penurunan jumlah urin dalam 6 jam secara drastis. Ketika menemukan masalah itu pada si anak, Sekretaris Unit Kerja Koordinasi (UKK) Nefrologi IDAI, dr Eka Laksmi Hidayati, SpA(K) menyarankan untuk dibawa ke rumah sakit.



"Nanti di rumah sakit yang akan kita lakukan adalah pemeriksaan parameter fungsi ginjal. Ginjal kan fungsinya mengeluarkan sisa metabolisme tubuh terutama protein maka ketika ginjal terganggu fungsinya yang meningkat ureum dan kreatinin. Kita bisa menghitung secara kasar, fungsi ginjal terganggu seberapa besar," jelasnya dalam Virtual Media Briefing: Update Gangguan Ginjal Akut Misterius (Acute Kidney Injury Unknown Origin/AKIUO) pada Anak, Selasa (18/10/2022).

Dokter Eka mengatakan ketika si anak didiagnosa memiliki masalah fungsi ginjal, pihak medis harus segera melakukan cuci darah atau hemodialisis.

Menurutnya dengan adanya kasus gangguan ginjal akut misterius pada anak, salah satu kesulitannya adalah mencari tempat cuci darah khusus untuk anak-anak.

"Yang sulit itu untuk anak kecil, nggak semua tempat bisa. Karena kebanyakan untuk orang tua. Kalau yang anak secara angka di dunia, kondisi anak yang memerlukan dialisis jauh sedikit sehingga tidak praktis dan efisien menyediakan di banyak tempat," tuturnya.

Bagi orang tua yang memiliki anak yang terkena gangguan ginjal akut misterius dan harus melakukan cuci darah, sebaiknya dibawa ke RSCM dan Rumah Sakit Harapan Kita.

"Silahkan boleh datang langsung kalau ada gangguan ini agar tidak melalui proses panjang kalau merujuk dan sebagainya. Kalau bisa menemukan kondisi dini, diharapkan respon pengobatan lebih baik," imbuhnya.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4910 seconds (0.1#10.140)