5 Bahan Alami untuk Obati Batuk Anak, Tak Perlu Lagi Obat Cair

Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:17 WIB
loading...
5 Bahan Alami untuk Obati Batuk Anak, Tak Perlu Lagi Obat Cair
Terdapat alternatif lain untuk mengobati si kecil saat terserang flu dan batuk. Salah satunya menggunakan bahan-bahan alami. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan baru-baru ini melarang masyarakat untuk mengonsumsi obat-obatan cair, termasuk vitamin. Hal itu diputuskan menyusul meningkatnya kasus gangguan ginjal akut di Indonesia.

Kondisi tersebut lantas membuat masyarakat dilema, khususnya para orang tua. Mereka bingung bagaimana menyembuhkan anak ketika sakit selain dengan mengonsumsi obat-obatan cair. Salah satunya saat flu dan batuk, mengingat musim hujan membuat anak rentan terkena penyakit tersebut.

Namun, para orang tua tak perlu khawatir dan panik. Sebenarnya, terdapat alternatif lain untuk mengobati si kecil saat terserang flu dan batuk. Salah satunya menggunakan bahan-bahan alami yang cenderung lebih aman dan minim risiko dibanding dengan mengonsumsi obat.



Bahan alami apa saja itu? Berikut informasinya, dikutip dari laman Healtline, Kamis, (20/10/2022).

1. Madu

Para orang tua bisa memanfaatkan madu untuk dijadikan obat batuk alami guna menyembuhkan flu dan batuk pada anak. Pasalnya, madu merupakan salah satu bahan alami yang dikenal memiliki segudang manfaat kesehatan, salah satunya meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Anda dapat membuat obat sendiri di rumah dengan mencampur dua sendok teh madu dengan teh herbal atau air hangat dan lemon.

Madu dapat menenangkan tenggorokan yang sedang meradang dan jus lemon bisa membantu mengatasi hidung tersumbat.

2. Jahe
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2873 seconds (0.1#10.140)