5 Bahan Alami untuk Obati Batuk Anak, Tak Perlu Lagi Obat Cair

Kamis, 20 Oktober 2022 - 14:17 WIB
loading...
A A A
Jahe terkenal dengan sifat inflamasi yang dapat meredakan batuk kering atau asma. Bahan satu ini juga dapat meredakan mual dan nyeri.

Senyawa antiinflamasi dalam jahe dapat mengendurkan selaput di saluran udara, yang dapat mengurangi batuk. Iris jahe tipis-tipis sebanyak 20-40 gram kemudian rebus sampai sari-sarinya keluar. Setelah itu, tuang ke dalam gelas dan diamkan sampai tidak terlalu panas sebelum diberikan kepada si kecil. Ibu bisa menambahkan sedikit madu atau susu untuk menciptakan cita rasa manis.



3. Probiotik

Probiotik merupakan mikroorganisme yang dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan. Meskipun probiotik tidak meredakan batuk secara langsung, bahan satu ini bekerja menyeimbangkan bakteri baik di dalam usus.

Keseimbangan bakteri dalam usus inilah yang mendukung fungsi sistem imun di seluruh tubuh. Ibu dapat memperoleh probiotik melalui kedelai, yogurt, kefir, kombucha, dan tempe.

4. Uap Bawang

Selain dengan minuman, Anda juga bisa memanfaatkan bawang merah untuk mengatasi batuk pada anak. Memanfaatkan bawang merah untuk obat batuk dilakukan dengan mengiris bawang menjadi beberapa bagian, kemudian tempatkan irisan bawang di samping tempat tidur si kecil.

Dengan begitu, anak akan menghirup uap yang keluar dari irisan bawang. Uap atau aroma dari bawang merah yang diiris bisa membantu meredakan batuk yang menyerang.

5. Air Garam
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4563 seconds (0.1#10.140)