5 Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal, Nomor 2 Biasa Dikonsumsi Setiap Hari

Jum'at, 21 Oktober 2022 - 13:13 WIB
loading...
5 Makanan dan Minuman Penyebab Gagal Ginjal, Nomor 2 Biasa Dikonsumsi Setiap Hari
Ada lima makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gagal ginjal. Asupan ini dikonsumsi setiap hari sehingga penting untuk menghindari atau membatasinya. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada lima makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gagal ginjal . Beberapa asupan ini dikonsumsi setiap hari sehingga penting untuk menghindari atau membatasinya, terlebih saat ini kasus gangguan ginjal akut pada anak terus meningkat.

Kasus gangguan ginjal akut pada anak di Indonesia diduga akibat dari kandungan dalam obat sirup. Karena itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengimbau untuk menghindari pemberian jenis obat tersebut pada anak.

Pelarangan ini sampai pemerintah telah menemukan kepastian dari penyebab gangguan ginjal akut pada anak. Di sisi lain, Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) telah mengumumkan obat sirup yang mengandung etilen glikol dan dietilen glikol, kandungan yang diduga menjadi penyebab penyakit ini.

Meski demikian, gagal ginjal bisa disebabkan banyak hal. Salah satunya karena mengonsumsi makanan atau minuman tertentu. Berikut daftar makanan dan minuman yang bisa menyebabkan gagal ginjal seperti dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (21/10/2022).





1. Makanan Hewani Tinggi Protein

Tubuh membutuhkan protein untuk membantu membangun otot dan memperbaiki jaringan pada tubuh. Namun, nutrisi tersebut juga meninggalkan limbah yang harus dibuang oleh tubuh.

Mengonsumsi terlalu banyak protein, ginjal akan bekerja lebih keras untuk membuang limbah dan hal itu bisa mempercepat kerusakan ginjal. Sebagai gantinya, penuhi asupan protein dari buah-buahan, sayuran, serta nasi, roti dan pasta yang rendah garam.

2. Makanan Tinggi Fosfor atau Fosfat
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1420 seconds (0.1#10.140)