BuddyKu Membuka Kesempatan Merintis Karier Idaman Gen Z

Senin, 24 Oktober 2022 - 13:46 WIB
loading...
BuddyKu Membuka Kesempatan Merintis Karier Idaman Gen Z
Buddyku membuka kesempatan berkarier bagi Gen Z. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Berkembangnya teknologi yang ditandai dengan digunakannya media sosial secara massif membuka kesempatan yang begitu besar bagi siapapun di masyarakat atau generasi Z saat ini untuk berkarya.

Salah satu profesi baru yang dapat dilakukan di era digital ini ialah content creator. Content creator diartikan sebagai pembuat konten, sementara konten sendiri dalam kamus KBBI diartikan sebagai informasi yang tersedia melalui media atau produk elektonik. Sehingga seorang content creator ialah mereka yang berprofesi untuk membuat dan memproduksi sebuah karya berisi informasi yang dibagikan secara luas melalui media sosial berbasis teknologi.

Kata content creator yang mungkin sering terdengar ialah untuk merujuk mereka yang berkarya didalam platform tertentu, misalnya: youtuber, selebgram, tiktokers yang memiliki pengikut dengan jumlah besar. Padahal, sebenarnya julukan content creator dapat diberikan bagi siapa saja yang membuat sebuah karya berisi informasi dalam berbagai bentuk, seperti: foto, video, artikel, info grafis, animasi yang dibagikan dalam platform atau media sosial yang orang tersebut pilih.

Platform-platform yang ada dalam dunia maya dapat digunakan oleh masyarakat khususnya generasi Z untuk menjalani passion serta menambah skill baru untuk menjadi seorang content creator. Ini dikarenakan generasi Z ialah mereka generasi muda aktif yang juga merupakan generasi terbesar yang mendominasi ruang digital.

Baca Juga : Ini Respons Krisdayanti soal Kontrak Atta Halilintar Melarang Ameena Pacaran hingga 2046

Kondisi dan perilaku generasi Z pun memiliki perbedaan dimana anak-anak muda zaman sekarang cenderung tidak menyukai kebiasaan yang kaku, menginginkan kebebasan, dan tidak menyukai hal-hal yang sifatnya konvensional, contohnya: bekerja kantoran dari pagi hingga malam.

Karena hal tersebut profesi content creator menjadi hal yang disenangi generasi Z karena waktunya yang dinamis dan kebebasan untuk membuat karya dengan kemampuan yang mereka miliki sesuai dengan apa yang mereka sukai.

Industri profesi content creator ini menjadi peluang disebabkan dinamika perkembangannya begitu pesat, karena adopsi internet yang semakin luas di Indonesia dan penggunaan platform media sosial.

“Setiap hari di tahun 2022 ada sekitar 8 jam waktu yang dipakai oleh orang Indonesia untuk beraktivitas dalam jaringan internet. Dengan begitu, content creators bisa menjangkau semakin banyak oran, dan akhirnya bisnis atau brand juga makin melirik content creator dan mau berkolaborasi dengan mereka. Jadi, content creator itu semakin lama journeynya makin kompleks, dari sebelumnya yang fokus pada sharing, lalu akhirnya mulai bisa 'monetize' kegiatan mereka dan bisa menghasilkan uang, sampai pada akhirnya bisa menjadi sebuah bisnis,” ujar Delvi Sinambela, Head of Production BuddyKu.

“Dengan market value yang terus bertumbuh, bahkan bisa sampai 5 kali dalam 5 tahun ke depan, yang mau mulai dengan serius akan bisa menuai banyak kesempatan dan bisa sukses,” lanjutnya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2957 seconds (10.101#12.26)