Unilever AS Tarik Produk Shampoo Kering Berisiko Kanker, BPOM: Tak Terdaftar di Indonesia

Selasa, 25 Oktober 2022 - 18:21 WIB
loading...
Unilever AS Tarik Produk Shampoo Kering Berisiko Kanker, BPOM: Tak Terdaftar di Indonesia
Sejumlah produk dry shampoo yang diproduksi Unilever AS yakni Dove, Suave dan TRESemme ditarik dari peredarannya karena berisiko kanker. Foto/Ilustrasi/Women Day
A A A
JAKARTA - Sejumlah produk dry shampoo yang diproduksi Unilever AS yakni Dove, Suave dan TRESemme ditarik dari peredarannya. Hal itu dikarenakan bahan kimia benzena yang terkandung didalamnya bisa menyebabkan kanker pada manusia.

Mengenai hal itu, Unilever AS, telah mengumumkan penarikan kembali 19 produk aerosol dry shampoo yang diproduksi sebelum Oktober 2021.

Menurut pernyataan yang diterbitkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, daftar tersebut termasuk dari merek Dove, Suave dan TRESemme.

Sebagai informasi, benzena merupakan bahan kimia yang ditemukan secara alami di lingkungan. Seperti dalam minyak mentah atau bensin. Benzena juga bisa digunakan untuk memproduksi plastik, pelumas, pewarna, dan deterjen.



Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan penyakit setempat, paparan jangka panjang benzena pun bisa menyebabkan kanker pada manusia.

"Unilever telah bekerja dengan pemasok propelan untuk mengatasi masalah ini," jelas pihak Unilever AS seperti yang dikutip dari laman Independent.co.uk, Selasa (25/10/2022)

Lebih lanjut pihak Unilever menambahkan produk yang ditarik didistribusikan secara nasional di AS.

"Pengecer pun telah diberitahu untuk menghapus produk yang ditarik tersebut," ungkapnya.

Selain itu, ada beberapa dampak negatif dari paparan benzena melalui inhalasi, oral atau melalui kulit, yakni bisa meningkatkan risiko kanker tertentu, termasuk leukemia dan kanker darah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1009 seconds (0.1#10.140)