Baik untuk Kesehatan, Begini Cara Agar Anak Mau Minum Air Putih

Rabu, 26 Oktober 2022 - 20:33 WIB
loading...
Baik untuk Kesehatan, Begini Cara Agar Anak Mau Minum Air Putih
Minum air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun sayang, tak semua anak mau mengonsumsinya dan lebih memilih minuman berwarna atau dengan rasa. Foto/tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Minum air putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Namun sayang, tak semua anak mau mengonsumsinya dan lebih memilih minuman berwarna atau dengan rasa.

Meski terasa enak, namun minuman tersebut bisa menyebabkan macam masalah kesehatan. Karena itu, dokter spesialis anak dr. Hestu Putri Yanuarti, SpA.,MKes menyarankan para orang tua untuk memperhatikan kebutuhan cairan anak.

"Biasanya saya kalau ke pasien-pasien akan ngomong langsung ke anaknya. Lebih ke edukasi, tapi dengan bahasa anak-anak," kata dr. Hestu dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Rabu (26/10/2022).

Anak-anak, dijelaskan dr. Hestu terkadang jarang mendengarkan apa yang orang tua mereka katakan. Tapi sebaliknya, jika seorang dokter memberikan nasihat dan peringatan dengan bahasa halus, biasanya akan mudah diterima.



Di sisi lain, dr. Hestu menyarankan untuk memberikan hadiah kepada si kecil jika menghabiskan air putih dengan takaran yang sudah disediakan.

Sementara itu, kurang minum air putih bisa merusak ginjal. Kondisi akan semakin para jika mengonsumsi sesuatu yang bisa menyebabkan masalah kesehatan semakin serius.

Lebih lanjut, dr. Hestu menyarankan orang tua untuk segera membawa anak ke dokter jika menemukan gejala gagal ginjal. Pastikan untuk tidak menundanya memberikan pertolongan.

Hindari juga memberikan obat bebas, seperti obat yang bisa didapat dan dibeli sendiri, tanpa resep dari dokter. Hal ini dikhawatirkan akan memperparah kesehatan anak.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1464 seconds (0.1#10.140)