Bukan Pemanggil Setan, Ini Alasan Merinding saat Dengarkan Sinden Jawa

Sabtu, 29 Oktober 2022 - 19:55 WIB
loading...
Bukan Pemanggil Setan, Ini Alasan Merinding saat Dengarkan Sinden Jawa
Banyak yang beranggapan bahwa sinden Jawa untuk memanggil setan. Anggapan tersebut membuat sinden Jawa dikaitkan dengan unsur mistis yang membuat merinding. Foto/tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Banyak yang beranggapan bahwa sinden Jawa untuk memanggil setan atau makhluk halus. Anggapan tersebut membuat sinden Jawa dikaitkan dengan unsur mistis yang membuat siapa saja mendengarnya akan merasa merinding.

Namun, anggapan itu sama sekali tidak terbukti benar. Penyanyi dangdut, campursari, dan sinden Mira Kirana mengatakan bahwa pandangan itu hanya stigma belaka.

"Menurut aku pribadi, tidak benar kalau sesuatu yang berhubungan dengan hal Jawa, salah satunya sinden itu ada hubungannya dengan mistis," kata Mira dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (29/10/2022).

Mira Kirana yang juga pemenang The Next Didi Kempot pun menjelaskan dari mana datangnya sensasi merinding yang kerap muncul saat mendengar sinden Jawa. Menurutnya, itu bukan karena hal mistis, melainkan cara penyanyi mengolah rasa.



"Aku percaya, saat si penyanyi mengeluarkan suara menggunakan rasa, lagunya akan ada rohnya. Karena ada rasa yang dimasukkan ke dalam lagu tersebut," jelas Mira.

"Jadi, kenpa orang bisa merinding saat denger sinden Jawa, ya, salah satunya karena si penyanyi menaruh rasa ke dalam lagu yang dinyanyikannya," tambahnya.

Di sisi lain, Mira menilai bahwa sinden Jawa dikaitkan dengan hal mistis karena sering dimainkan di film horor. Lebih tepatnya, sebelum makhluk tak kasat mata muncul.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2010 seconds (0.1#10.140)