Bedanya Kanker, Tumor, dan Kista, Pahami untuk Waspada

Senin, 31 Oktober 2022 - 14:13 WIB
loading...
Bedanya Kanker, Tumor, dan Kista, Pahami untuk Waspada
Kanker, tumor, dan kista merupakan tiga penyakit yang kerap dianggap sama. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kanker , tumor , dan kista merupakan tiga penyakit yang kerap dianggap sama. Sebab, gejala dari ketiga penyakit tersebut sama-sama ada benjolan di bagian tubuh yang tidak lazim.

Padahal, antara kanker, tumor, dan kista ini merupakan penyakit yang berbeda. Namun, ketiganya masih memiliki keterkaitan satu sama lain dalam dunia kedokteran.

Baca juga : Kanker Terus Mengancam

1. Tumor

Tumor merupakan seluruh benjolan yang tumbuh tidak semestinya di tubuh. Hal tersebut disebabkan massa jaringan yang tidak normal dapat berisikan daging maupun cairan.

Jaringan yang tidak normal ini dapat berkembang di bagian mana saja dalam tubuh, seperti tulang, organ dan jaringan lunak.

2. Kista

Kista pada dasarnya termasuk ke dalam jenis tumor jinak sehingga tidak berbahaya. Kista merupakan benjolan yang biasanya berisikan cairan atau udara yang biasanya benjolan kista ini muncul di bagian payudara atau dekat rahim.

3. Kanker

Sementara itu, kanker juga masih termasuk jenis tumor. Kanker ini merupakan tumor ganas yang dapat menyerang tubuh dan dapat merusak jaringan, penyakit ini diakibatkan oleh pembelahan sel yang tidak normal dan tidak terkendali.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1374 seconds (0.1#10.140)