Hobi dan Profesi Bisa Sejalan, Ini Cara Agar Tak Menyita Waktu, Tenaga hingga Biaya

Senin, 31 Oktober 2022 - 23:10 WIB
loading...
Hobi dan Profesi Bisa Sejalan, Ini Cara Agar Tak Menyita Waktu, Tenaga hingga Biaya
Hobi dan profesi setiap orang bisa dilakukan dengan sejalan. Hal tersebut bisa melakukannya dengan berbagai cara agar tidak menyita waktu, tenaga dan biaya. Foto/tangkapan layar YouTube Partai Perindo
A A A
JAKARTA - Hobi dan profesi setiap orang bisa dilakukan dengan sejalan. Untuk mewujudkan hal tersebut, Anda pun bisa melakukannya dengan berbagai cara agar tidak menyita waktu, tenaga dan biaya.

Namun sayang, sebagian orang menganggap waktu 24 jam dalam sehari dirasa kurang untuk bisa melakukan semua kegiatan. Terlebih, jika memiliki profesi yang menyita hampir sebagian waktu selama sehari penuh. Salah satunya, profesi dokter.

Namun, bagi seorang dokter umum yaitu dr. Ibnu Faisal, pekerjaan seseorang sebenarnya tidak menjadi penghalang bagi seseorang untuk bisa menyalurkan hobinya. Dia menilai, setiap hobi tentu akan menyita waktu, tenaga dan biaya.

Namun menurutnya, semua itu masih bisa dijalani asal seseorang memiliki manajemen waktu yang baik. Apalagi, jika orang tersebut memiliki minat yang tinggi terhadap hobinya itu.



“Kalau menjalani hobi sudah pasti waktunya sih ya. Karena buat weekend itu kita kan pengin istirahatnya, atau pengen nongki bareng temen-temen. Jadi, waktu buat motoran atau buat musik, buat olahraga itu bener-bener harus diatur sedemikian gitu," kata Ibnu dalam Podcast Aksi Nyata dikutip dari kanal YouTube Partai Perindo, Senin (31/10/2022).

"Nggak bisa kayak, 'Ah ntar disempet-sempetin aja'. Itu nggak bisa. Emang harus diatur bener sih waktunya. Budget itu nggak usah ditanya lagi, pasti masalah. Sekarang semua lini juga udah ada barang mahalnya masing-masing ya,” sambungnya.

Faisal juga menilai, seseorang yang pandai mengatur waktu demi bisa menjalankan hobi di tengah kesibukannya justru akan mendapatkan manfaat bahkan pundi-pundi uang dari hobinya itu. Apalagi, jika hobi tersebut dijalankan sepenuh hati dan tidak dianggap sebagai beban.

“Menghasilkan cuan dari hobi kayak yang saya bilang tadi sih, maksudnya kayak hobi itu bener-bener passion yang harus kita jalanin tanpa ada paksaan ya. Jadi awal memulainya itu harus bener-bener jangan ngarepin duit-duit melulu,” jelas Faisal.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2285 seconds (0.1#10.140)