Dari Kritik Jadi Komik, Iskandar Salim Bikin Komikfaktap

Selasa, 01 November 2022 - 11:54 WIB
loading...
Dari Kritik Jadi Komik, Iskandar Salim Bikin Komikfaktap
Iskandar Salim sang penggagas Komikfaktap. Foto/MNC Media
A A A
JAKARTA - Hiburan di media sosial memang tidak ada habisnya. Dalam sekali dua kali scroll, kita bisa menemukan banyak konten. Mulai dari konten kucing lucu, sampai konten kritikan yang dikemas sedemikian rupa agar bisa tetap relate dengan banyak orang. Itulah yang dibuat oleh konten kreator bernama Iskandar Salim, atau dikenal lewat akun @komikfaktap.

Mas Is bercerita tentang awalnya membuat akun komikfaktap. Diawali dengan membuat komik di akun sendiri pada tahun 2015 yang kemudian viral. Demi menjaga privasi, akhirnya mas Is membuat akun komikfaktap.

“Tidak disangka beberapa komik yang aku bikin jadi viral. Jadi demi privacy juga, aku pikir aku coba create satu akun yang bernama komikfaktap. Di situ aku masukin semua karya komik aku. Dari situ ternyata berkembang, ada fan base dsb. Nambah banyak follower dan jadi seperti sampai saat ini,” ujar mas Is saat diwawancara oleh BuddyKu.



Meskipun begitu, mas Is mengakui awalnya dia tidak membuat komik bergaya satir seperti Komikfaktap pada saat ini. Mas Is hanya membuat komik jokes receh dan untuk dibagi ke sesama teman-temannya.

“Seiring berjalan waktu, saya menanggapi isu-isu yang berkaitan dengan pribadi atau hal-hal tertentu yang agak sensitif. Jadi saya mencoba memakai pendekatan yang tidak frontal, dengan sendiri hal itu jadinya seperti satir atau sarkas gitu sih.” tambah mas Is.

Sebagai konten kreator, mas Is menganggap medium komik strip online sebagai salah satu channel untuk mengeluarkan keresahannya. Jadinya, mas Is bisa bebas untuk mengeluarkan pendapatnya, tentunya dengan kesadaran penuh dan batasan tertentu.



“Aku gak setuju akan sesuatu, atau bahkan aku setuju, aku pasti akan mengeluarkan semua keresahanku. Dengan sendirinya, untuk sebagian orang postingan aku itu jadi suara bagi mereka.” lanjut mas Is.

Mas is juga berpesan agar tetap bijak menggunakan media sosial. Selain itu juga terus konsisten jika ingin berkarya di dunia digital.
(wur)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2733 seconds (0.1#10.140)