5 Jenis Puting Payudara yang Perlu Anda Ketahui

Selasa, 01 November 2022 - 17:50 WIB
loading...
5 Jenis Puting Payudara yang Perlu Anda Ketahui
Puting payudara pada wanita satu dengan yang lain tidaklah sama, karena bentuk tubuh manusia memang berbeda. Foto Ilustrasi/Catinsyrup via Womans Day
A A A
JAKARTA - Puting payudara pada wanita satu dengan yang lain tidaklah sama, karena bentuk tubuh manusia memang berbeda. Namun, terkadang wanita masih saja merasa insecure kala melihat puting payudara miliknya tidak seperti wanita lain. Padahal perbedaan tersebut sangatlah wajar.

Jenis puting payudara yang berbeda-beda pada tiap wanita adalah hal yang normal. Terdapat beberapa jenis puting payudara yang wajib para wanita ketahui. Apa saja itu? Berikut informasinya.

Baca Juga: Ini Dia Tips Alami Mengencangkan Payudara yang Kendur Usai Melahirkan

1. Puting Payudara Normal


Puting payudara jenis ini memiliki letak yang berada tepat di tengah areola (bagian hitam di sekeliling puting). Bentuknya mengacung ke atas beberapa milimeter dalam keadaan normal, dan akan lebih menonjol jika terdapat stimulasi rangsangan berupa suhu atau sentuhan.

Puting jenis ini disebut puting payudara normal, karena yang paling banyak dimiliki oleh wanita, yakni sekitar 90 persen.

2. Puting Payudara Flat (Datar)

Jenis puting payudara ini agak masuk ke dalam payudara dan sejajar dengan areola, tidak mengangkat dan tidak tenggelam. Bahkan puting payudara datar tidak menonjol keluar, meskipun terdapat rangsangan.

Walaupun jenis puting ini tergolong normal, namun bisa menyulitkan bagi ibu menyusui karena tidak melekat dengan baik, dan bayi tidak mendapat asupan ASI yang optimal. Untuk membantu mengangkat puting, gunakan breast shell atau pompa ASI sebelum menyusui agar dapat mengangkat puting.

Baca Juga: Bra Kawat Picu Kanker Payudara, Benarkah?
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1210 seconds (10.101#12.26)