Ini Dia Tips Alami Mengencangkan Payudara yang Kendur Usai Melahirkan

loading...
Ini Dia Tips Alami Mengencangkan Payudara yang Kendur Usai Melahirkan
Ini langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk meminimalkan efek dan mencegah kendur pada payudara setelah melahirkan secara alami. / Foto: ilustrasi/Stylecraze
JAKARTA - Selama sembilan bulan kehamilan, tubuh seorang wanita biasanya mengalami perubahan. Salah satu kekhawatiran paling umum di kalangan ibu baru adalah payudara kendur.

Baca juga: Tanpa Disadari 5 Kebiasaan Milenial Ini Membahayakan Kesehatan

Sepanjang kehamilan, payudara Anda mungkin menjadi lebih besar, sebagai akibat dari estrogen yang memperbesar saluran susu Anda. Tetapi saat produksi ASI berhenti, payudara menyusut, namun kulit yang terentang mungkin tidak memiliki elastisitas untuk menyusut ke ukuran yang lebih kecil.

"Hal tersebut membuat payudara melorot alias kendur akibat rasio kulit dan jaringan payudara yang lebih tinggi," ungkap Constance M. Chen, MD, ahli bedah plastik bersertifikat di New York, seperti dikutip dari laman Parents.com pada Sabtu (11/9/2021).



Mengalami hal yang demikian? Tenang, ada langkah-langkah tertentu yang dapat dilakukan untuk meminimalkan efek dan mencegah kendur pada payudara setelah melahirkan secara alami. Berikut tipsnya.

1. Menggunakan Bra yang Sesuai Selama Masa Kehamilan dan Pascapersalinan

Menurut Kepala OB-GYN di Texas Health Presbyterian Hospital Denton, Heather Bartos MD, FACOG, mengenakan bra berkualitas dan pas saat kehamilan serta setelah melahirkan dapat mendukung jaringan dan otot payudara.

"Saya memakai bra menyusui bahkan di malam hari," imbuhnya.

Pilihlah bra yang mendukung yaitu bra dengan cup dan kawat yang dapat menopang payudara karena akan mampu mencegah bagian dada tersebut semakin kendur ke bawah.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top