4 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah

Rabu, 02 November 2022 - 06:30 WIB
loading...
4 Olahraga yang Cocok untuk Penderita Darah Rendah
Darah rendah membuat penderitanya mudah lelah, lemas, dan tidak bertenaga. Hal ini menjadikan mereka enggan melakukan fisik seperti berolahraga. Foto Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Darah rendah membuat penderitanya mudah lelah, lemas, dan tidak bertenaga. Hal ini menjadikan mereka enggan melakukan fisik seperti berolahraga. Padahal, olahraga sangat menyehatkan, menyegarkan, sekaligus bisa mengembalikan mood.

Ya, banyak pasien yang mengalami darah rendah terpaksa menghindari olahraga. Mereka khawatir aktivitas fisik yang berlebihan dapat berakibat buruk pada kondisi tubuh.

Padahal, olahraga tetap dibutuhkan oleh pasien darah rendah demi kebugaran tubuh mereka. Disarankan agar pasien darah rendah berolahraga 150 menit dengan intensitas sedang dalam seminggu.

Baca Juga: Studi: Orang yang Banyak Jalan Miliki Tekanan Darah Lebih Rendah

Ada beberapa olahraga ringan yang cocok dilakukan oleh pasien darah rendah. Berikut informasinya.

1. Berjalan

Pertama ialah berjalan. Olahraga ringan ini bisa dilakukan oleh pasien darah rendah. Berjalan dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membuat tubuh tetap aktif. Pemula bisa memulai dengan jalan cepat selama 5 sampai 10 menit dan secara bertahap meningkatkan kecepatan.

Setelahnya, Anda dapat meningkatkan waktu hingga 30 menit per sesi dan dikonsultasikan terlebih dulu dengan dokter.

2. Bersepeda

Olahraga selanjutnya ialah bersepeda. Tak hanya seru, bersepeda juga merupakan kegiatan olahraga yang baik untuk penderita darah rendah. Cobalah mengendarai sepeda selama 10 menit. Anda bisa melakukannya saat weekend atau ketika ada waktu luang.

Baca Juga: Tekanan Darah Normal Sesuai Usia, Ini Kisaran Angkanya!
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2692 seconds (11.210#12.26)