alexametrics

Delapan Nutrisi yang Dibutuhkan Wanita

loading...
Delapan Nutrisi yang Dibutuhkan Wanita
Delapan Nutrisi yang Dibutuhkan Wanita.(Shutterstock).
A+ A-
SEORANG wanita yang mengalami perubahan tubuh dalam kehidupannya, sehingga mereka membutuhkan penyesuaian nutrisi agar tetap sehat dan berenergi. Berikut adalah nutrisi paling penting yang diperlukan setiap wanita, dikutip dari healthmeup.

1. Kalsium
Fungsi utama kalsium adalah untuk membantu membangun tulang yang kuat. Kalsium sangat penting bagi perempuan untuk masa tuanya, karena perempuan di atas usia 50 memiliki risiko lebih besar terkena osteoporosis. Produk susu, makanan yang diperkaya kalsium seperti susu kedelai dan jus yang diperkaya sumber kalsium sangat baik dikonsumsi wanita. Wanita di bawah usia 50 dan wanita hamil membutuhkan 1.000 miligram kalsium setiap hari. Wanita lebih dari 50 membutuhkan 1.200 miligram per hari.

2. Zat Besi
Jika Anda selalu merasa lelah, Anda mungkin memiliki kekurangan zat besi. Zat besi membantu sel-sel oksigenat. Hasil defisiensi zat besi pada anemia, yang membuat Anda merasa lelah. Daging, makanan laut, sayuran berdaun hijau seperti bayam, dan sereal merupakan sumber zat besi yang baik.



3. Vitamin D
Tubuh Anda membutuhkan vitamin D untuk menyerap kalsium, yang diperlukan untuk membangun tulang yang kuat. Vitamin D sangat penting untuk mempertahankan massa tulang. Tanpa cukup vitamin D, tulang cenderung menjadi rapuh dan tipis, yang mengarah kepada osteoporosis. Beberapa produk susu mengandung vitamin D, begitu juga dalam ikan berlemak, seperti salmon dan tuna mengandung vitamin D.

4. Asam Folat
Asam folat, juga dikenal sebagai folat, meningkatkan sintesis DNA dan membantu pembelahan sel. Asam folat merupakan nutrisi penting bagi wanita usia subur tahun. Mengkonsumsi asam folat yang cukup sangat diperlukan selama wanita menjalani kehamilan agar bayi lahir dengan sehat. Asam folat terkandung dalam sayuran berdaun hijau, jus buah, kacang-kacangan, dan kacang-kacangan. Wanita membutuhkan setidaknya 400 mikrogram asam folat setiap hari.

5. Protein
Untuk tulang kuat, otot, dan kulit yang sehat, protein adalah kebutuhan mutlak. Protein membantu membangun kekebalan, memecah makanan, dan mengelola metabolisme. Daging merah, seafood, unggas, telur, dan kacang-kacangan kaya dengan protein. Seorang wanita membutuhkan 46 gram protein setiap hari.

6. Serat
Serat diperlukan untuk pencernaan dan mencegah penyakit jantung, karena menurunkan kolesterol dan kadar gula darah. Wanita di bawah 50 membutuhkan setidaknya 25 gram serat per hari. Sumber serat yang baik adalah kacang-kacangan, buah-buahan, sayuran, dan roti gandum.

7. Vitamin C
Wanita membutuhkan Vitamin C untuk kesehatan tulang dan kulit. Vitamin C bekerja sebagai antioksidan yang memperlambat kerusakan akibat radikal bebas. Radikal bebas merusak kolagen, yang menyebabkan kekeringan, garis-garis halus dan kerutan. Buah jeruk, brokoli dan paprika merah merupakan sumber yang baik dari vitamin C. Perempuan membutuhkan 75 miligram vitamin C setiap hari.

8. Asam Lemak Omega-3
Asam lemak omega-3 adalah lemak baik yang mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Perempuan harus mengonsumsi setidaknya dua porsi ikan berlemak (mackerel, tuna dan salmon) dalam seminggu. Flaxseed dan kenari merupakan juga sumber asam lemak omega-3.
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak