Fomepizole Ampuh Atasi Gangguan Ginjal Akut, Kemenkes Kembali Pesan 70 Vial dari AS

Kamis, 03 November 2022 - 14:45 WIB
loading...
Fomepizole Ampuh Atasi Gangguan Ginjal Akut, Kemenkes Kembali Pesan 70 Vial dari AS
Kemenkes menggunakan obat Fomepizole sebagai upaya menekan keparahan pasien gangguan ginjal akut. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menggunakan obat Fomepizole sebagai upaya menekan keparahan pasien gangguan ginjal akut. Obat ini terbukti berdampak baik pada pasien, karena itu Kemenkes berencana mendatangkan lagi obat dari luar negeri.

"Dalam waktu dekat obat Fomepizole dari Amerika Serikat datang," kata Direktur Jenderal Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kemenkes Lucia Rizka Andalucia saat ditemui di ICE BSD, Kamis (3/11/2022).

Rizka menjelaskan bahwa Fomepizole yang dari Amerika Serikat memang dibeli, bukan bentuk hibah atau pemberian. Namun, jumlah yang dibeli tidak begitu banyak. "Kami beli hanya 70 vial," terangnya.

Sebanyak 70 vial Fomepizole tersebut, sambung Rizka, dibeli dengan tujuan sebagai cadangan obat. Dia pun berharap kasus gangguan ginjal akut tidak bertambah banyak, sehingga obat cadangan tersebut tidak dipergunakan.



"Kami tentu berharap yang terbaik bahwa pasien gangguan ginjal akut tidak bertambah lagi, sehingga obat-obatan ini tidak didatangkan lagi," ungkapnya.

Hingga kini Fomepizole yang sudah dimiliki Indonesia sebanyak 246, 30 di antaranya adalah hasil pembelian dari Singapura. Sisanya adalah hibah dari Jepang (200) dan Australia (16).

Sebanyak 17 rumah sakit sudah mendapat jatah obat ini. Berdasar data Kemenkes per 1 November, sisa stok Fomepizole di rumah sakit ada 115 vial. Artinya, obat Fomepizole ini baru dipakai sebanyak 31 vial.

Data Kemenkes per 1 November 2022, berikut daftar lengkap rumah sakit yang sudah menerima Fomepizole, termasuk sisa obat di sana.

1. RSCM (Dipakai 16, sisa 41)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2581 seconds (0.1#10.140)