3 Tips Meminimalkan White Cast ketika Memakai Sunscreen

Jum'at, 04 November 2022 - 05:06 WIB
loading...
3 Tips Meminimalkan White Cast ketika Memakai Sunscreen
White cast terjadi karena bahan tabir surya seperti titanium dioxide dan zinc oxide yang berwarna putih muncul di permukaan kulit. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Banyak orang yang memakai sunscreen atau tabir surya untuk wajah guna melindungi kulit wajah dari paparan sinar matahari yang semakin 'jahat'.

Meskipun begitu, masih banyak juga yang memilih tidak memakai sunscreen. Selain malas, 'white cast' yang kerap muncul setelah penggunaan sunscreen juga menjadi alasan.

White cast adalah noda putih di atas kulit yang ditinggalkan dari sunscreen.

Baca juga: 5 Artis Korea yang Terlibat Rumor Kencan Paling Aneh, Nomor 3 Bikin Gempar

Menurut dokter kulit asal New York, AS, Michelle Henry MD, white cast terjadi karena bahan tabir surya seperti titanium dioxidedan zinc oxide yang berwarna putih muncul di permukaan kulit alih-alih menyerap ke dalam kulit.

Kendati white cast tidak bisa selalu dihindari, namun ada cara tepat untuk meminimalisir tampilan tersebut. Dikutip dari laman Skincare, Kamis (3/11/2022), berikut langkah-langkahnya.

1. Memilih produk yang tepat

Tips pertama untuk meminimalisir terjadinya white cast adalah dengan memilih sunscreen yang memiliki formula ringan, mudah menyerap, dan perlindungan maksimal.

Sebaiknya, pilihlah produk sunscreen yang memiliki formula ringan dan mudah menyerap dengan hasil akhir matte, sehingga membuat kulit lebih tampak sehat dan bercahaya.



Kemudian, pilih jenis Hydrating Sunscreen yang memiliki kandungan SPF 50 tanpa meninggalkan efek berminyak atau lengket.

2. Cara pengaplikasian

Meskipun kini banyak yang sudah mulai sadar pentingnya menggunakan sunscreen, faktanya masih banyak yang tidak tahu cara mengaplikasikan sunscreen dengan tepat.

Dalam penggunaannya, setidaknya pakai satu sendok teh sunscreen untuk dipakai di bagian wajah. Dengan kata lain, gunakan minimal dua jari untuk proteksi yang maksimal. Setelah itu, aplikasikan pada wajah sampai benar-benar merata, sehingga dapat mencegah timbulnya tampilan white cast.

Nah, yang tak kalah penting juga, sebaiknya gunakan sunscreen 30 menit sebelum terkena paparan sinar matahari dan gunakan kembali ke seluruh wajah setiap 3-4 jam sekali. Dengan cara demikian, perlindungan kulit terhadap sinar UV akan jauh lebih maksimal.

3. Layering dengan produk makeup ringan

Bagi Anda yang memang ingin menggunakan makeup, sebaiknya terlebih dahulu mengenakan sunscreen dan pelembab untuk perlindungan yang maksimal.

Baca juga: Aksi Sophia Latjuba di Runway JFW 2023 Undang Decak Kagum Publik

Selain mencegah adanya tampilan white cast, pilihan sunscreen dengan formula yang ringan dan friendly makeup akan membuat tampilan makeup terlihat lebih tahan lama. Untuk tampilan makeup sehari-hari, sebaiknya gunakan makeup yang ringan.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1632 seconds (0.1#10.140)