Jaga Imun Tubuh, Dokter Sarankan Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Jum'at, 04 November 2022 - 13:01 WIB
loading...
Jaga Imun Tubuh, Dokter Sarankan Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah
Idealnya kebutuhan tubuh dan imunitas sehari-sehari didapat dari makanan, seperti sayuran hingga buah-buahan. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Setiap orang pastinya mempunyai gaya hidup yang berbeda-beda. Akan tetapi, tidak jarang terdapat sebagian orang yang memerhatikan dan mengomentari penampilan individu lainnya.

Memang sudah sebaiknya komentar-komentar negatif tidak perlu direspons, karena terlalu memikirkan omongan negatif itu dapat memengaruhi daya tahan tubuh atau imun.

Kondisi tersebut bisa terjadi lantaran ditambah banyaknya aktivitas sehari-hari, serta cuaca yang saat ini tengah tak menentu. Kondisi itu cukup buruk buat kesehatan tubuh.

Baca juga: 7 Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh agar Terhindar dari Penyakit di Musim Hujan

"Karena nyatanya dengan kehidupan sosial yang ada, tidak menutup kemungkinan terjadi penyebaran penyakit ataupun nge-drop saat sampai rumah disebabkan karena kita belum imun," ungkap ahli kesehatan dr. Fatimah Pitaloca dalam Instagram Live Pharmaton x Guardian, yang dikutip Jumat (4/11/2022).

Menurutnya, idealnya kebutuhan tubuh dan imunitas sehari-sehari didapat dari makanan, seperti sayuran hingga buah-buahan yang harus tercukupi.

"Idealnya kalau kita makan dalam 1 piring, nasinya hanya 1/4 lauknya 1/4, sayur dan buahnya 1/2, dan itu dikonsumsi dalam sehari-hari," terang dr. Fatimah.



Akan tetapi, jika dalam kondisi tertentu, ketika gizi dalam makanan tidak terpenuhi, maka diperbolehkan mengonsumsi vitamin dan mineral guna memenuhi gizi dalam tubuh sesuai dosis yang dibutuhkan.

"Salah satunya yaitu dengan mengonsumsi suplemen yang mengandung vitamin C dan zinc," kata dr. Fatimah.

Baca juga: 5 Penyakit yang Perlu Diwaspadai saat Musim Hujan Tiba

Adapun salah satu suplemen yang mengandung vitamin C dan zinc adalah Pharmaton Immune. Suplemen ini disebut mampu menjaga tubuh orang yang mengonsumsinya tidak drop.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3195 seconds (0.1#10.140)