5 Sayuran Penyebab Asam Urat, Tinggi Purin Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Minggu, 06 November 2022 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Asparagus memiliki rasa yang sangat renyah, terutama karena kandungan seratnya yang tinggi, yang dapat melancarkan buang air besar dan mempercepat ekskresi. Sayuran ini juga kaya vitamin, yang memiliki fungsi mengatur lipid darah dan melembutkan pembuluh darah.

Namun, asparagus merupakan makanan yang banyak mengandung purin. Jika indeks asam uratnya tinggi, mengonsumsi asparagus berlebihan bisa berakibat buruk pada kesehatan.



3. Bayam


5 Sayuran Penyebab Asam Urat, Tinggi Purin Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Foto/Getty Images

Bayam kaya akan nutrisi dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh serta mempercepat pembuangan feses. Namun bayam merupakan sayuran dengan kandungan purin yang tinggi. Setelah dimakan, tubuh tidak dapat memetabolismenya secara normal sehingga akan terakumulasi dan kehilangan keseimbangan patogenisitas.

4. Jamur

5 Sayuran Penyebab Asam Urat, Tinggi Purin Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Foto/Getty Images

Meski jamur terasa enak, bisa memberikan banyak asam amino, protein dan vitamin, penderita asam urat tidak bisa makan saat kadar asam urat dalam tubuh sedang tinggi. Banyak orang menambahkan jamur shiitake dalam proses memasak untuk meningkatkan rasa masakan, tetapi jamur ini adalah makanan yang tinggi purin.

Asupan terlalu banyak purin, dalam proses metabolisme menghasilkan sejumlah besar asam urat dan akan mengiritasi sendi. Jika dibiarkan, kondisi ini akan menyebabkan masalah kesehatan.



5. Brokoli
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2531 seconds (0.1#10.140)