Amankah Ratus Organ Intim yang Populer di Kalangan Seleb Hollywood? Ini Penjelasannya

Senin, 07 November 2022 - 05:30 WIB
loading...
Amankah Ratus Organ Intim yang Populer di Kalangan Seleb Hollywood? Ini Penjelasannya
Terdapat beberapa jenis perawatan khusus yang dilakukan beberapa wanita, salah satunya terapi uap atau ratus vagina. Foto/Ilustrasi/Spabidadari
A A A
JAKARTA - Kesadaran wanita terhadap kebersihan dan kesehatan organ intimnya mulai meningkat. Tak hanya sebatas membersihkannya saja, kini terdapat beberapa jenis perawatan khusus yang dilakukan beberapa wanita, salah satunya terapi uap vagina.

Terapi uap vagina atau yang dikenal dengan rotus vagina atau spa vagina, cukup populer di kalangan selebriti Hollywood. Salah satunya pernah dipopulerkan oleh Gwyneth Paltrow. Salah satu pemeran di film Iron Man ini kerap rajin melakukan perawatan rotus vagina berupa Mugworth V-Steam di sebuah spa Korea bernama Tikkun ada di Los Angeles.

Prosedurnya, Paltrow saat itu hanya cukup duduk di atas sebuah singgasana mini yang memiliki teknologi uap inframerah dan mugwort yang diklaim dapat membersihkan rahim. Tak hanya berupa semprotan uap, pelepasan uap energik tersebut juga disebut-sebut bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar hormon wanita.

Selain itu, perawatan satu ini juga dipercaya bisa membuat vagina lebih bersih dan bebas keputihan. Di Indonesia, saat menjalan perawatan terapi uap vagina, Anda akan duduk di sebuah kursi yang berlubang di bagian tengahnya. Tepat di bagian bawah lubang tersebut, ada air panas dengan campuran bahan-bahan herbal yang mengeluarkan uap dan terpapar langsung ke vagina.

Baca Juga: Telanjang saat Tidur Bermanfaat bagi Kesehatan Vagina

Masih kontroversional dalam dunia medis

Meski begitu, manfaat ratus atau terapi uap vagina di dunia kedokteran modern masih kontroversial. Hingga saat ini, efek dan manfaat ratus bagi kesehatan organ kewanitaan belum terbukti secara klinis.

Pasalnya, sebenarnya vagina tidak membutuhkan proses pembersihan dengan metode khusus, termasuk ratus. Hal ini karena vagina memiliki cara alami untuk menjaga kebersihan dan kesehatannya. Salah satunya adalah dengan menampung sejumlah bakteri baik.

Jika vagina sengaja dibersihkan dengan metode tertentu, termasuk ratus, maka dikhawatirkan bisa ikut mematikan bakteri baik di vagina.

Terapi uap atau spa vagina sendiri sebenarnya justru bisa menyebabkan iritasi pada vagina yang sensitif akibat uap panas yang berasal dari proses pembakaran rempah-rempahnya. Apalagi jika dilakukan dengan tidak tepat.

Bahkan, suhu panas dari uap tersebut diduga bisa membuat bakteri jahat berkembang biak lebih banyak.

Selain itu, uap atau asap panas dari ramuan ratus juga dapat menyebabkan luka bakar pada organ intim wanita apabila cara melakukannya kurang tepat atau dilakukan terlalu sering.
(hri)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1955 seconds (11.210#12.26)