5 Bahan Alami untuk Cerahkan Kulit Siku, Lutut, dan Tumit yang Cenderung Gelap

Selasa, 08 November 2022 - 06:30 WIB
loading...
5 Bahan Alami untuk Cerahkan Kulit Siku, Lutut, dan Tumit yang Cenderung Gelap
Warna gelap pada kulit yang cukup kontras terkadang menurunkan kepercayaan diri, terutama para wanita. Foto Ilustrasi/Times of India
A A A
JAKARTA - Apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa warna kulit sikut, tumit, atau lutut cenderung lebih gelap dibandingkan sisi kulit lainnya? Warna gelap pada kulit yang cukup kontras ini terkadang menurunkan kepercayaan diri, terutama para wanita.

Sikut, lutut, bahkan tumit cenderung memiliki warna gelap akibat terjadi banyak akumulasi sel kulit mati, hiperpigmentasi meningkat oleh paparan sinar matahari, kondisi kulit tertentu, seperti psoriasis dan eksim, serta penyebab lain.

Terlepas dari banyak penyebab dan faktor risiko siku hitam, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan di rumah untuk meminimalkan efeknya menggunakan bahan-bahan alami, mudah ditemukan, dan terjangkau, seperti dilansir dari laman Healthline, Selasa (8/11/2022).

1. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat mencerahkan kulit, karena proses yang disebut stimulasi reseptor alfa adrenergik, yang terjadi saat Anda mengoleskan produk ke kulit. Carilah gel atau lotion dengan lidah buaya, lalu oleskan sebanyak dua kali sehari.

2. Bubuk Soda Kue

Soda kue memiliki sifat pengelupasan dan pencerah kulit yang dapat membantu mengobati siku yang gelap. Mulailah dengan menambahkan satu sendok teh sekaligus dengan air ke dalam mangkuk. Terus tambahkan dan aduk rata sampai Anda mendapatkan jumlah produk yang diinginkan. Kemudian, oleskan langsung ke siku Anda.

Perlakukan prosesnya serupa dengan pengaplikasian masker wajah, di mana Anda membiarkan produk selama sekitar 10 hingga 15 menit dan kemudian bilas. Ulangi dua kali per minggu.

3. Buah Sitrus

Sebuah studi tahun 2014 menyarankan bahwa suplemen oral yang mengandung ekstrak buah jeruk sangat membantu dalam meringankan bercak kulit gelap karena paparan sinar matahari.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3134 seconds (0.1#10.140)