10 Cara Mengatasi Sugar Craving, Nomor 8 Segera Hindari

Selasa, 08 November 2022 - 09:10 WIB
loading...
10 Cara Mengatasi Sugar Craving, Nomor 8 Segera Hindari
Cara mengatasi sugar craving atau keinginan untuk memakan sesuatu yang manis penting diketahui, untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan. Foto/Ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Cara mengatasi sugar craving atau keinginan untuk memakan sesuatu yang manis penting diketahui, untuk menghindari berbagai gangguan kesehatan .

Sugar craving sendiri dijelaskan oleh Healthline sebagai keinginan untuk memakan sesuatu yang manis dan merasa sedikit kesulitan untuk mengendalikan nafsu makan.

Mengkonsumsi makanan atau minuman tinggi gula, memiliki dampak yang buruk bagi kesehatan sekaligus membuat tubuh rentan mengalami masalah kesehatan tertentu seperti obesitas atau jantung koroner yang dipicu karena tingginya kadar gula dalam darah.

Penting untuk bijak membatasi makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi, agar terhindar dari masalah kesehatan yang ada dengan beberapa cara berikut ini:



1. Makan dalam jumlah sedikit

Makanlah sedikit dari apa yang Anda idamkan, mungkin kue atau permen, dengan cara mencicipi makanan yang anda inginkan dalam porsi sedikit membantu tubuh untuk menghindari perasaan ditolak. Dengan catatan awasi kalori harian yang dibutuhkan oleh tubuh anda.

2. Kombinasikan makanan

Jika untuk berhenti makan kue atau permen sulit, Anda bisa penuhi keinginan makanan manis dengan mengkombinasikannya dengan makanan sehat seperti, cokelat yang dicampur beberapa keping almond atau pisang. Selain makanan manis yang terpenuhi, Anda juga mendapatkan nutrisi sehat dari makanan yang dikombinasikan tersebut.

3. Makan permen karet

Jika Anda ingin benar-benar menghindari kecanduan gula, cobalah mengunyah permen karet, kata ahli diet terdaftar Dave Grotto. "Penelitian telah menunjukkan bahwa mengunyah permen karet dapat mengurangi mengidam makanan," kata Grotto.

4. Makan buah

Mengkonsumsi buah sangat membantu mengatasi keinginan untuk makan-makanan manis melanda. Dengan mengkonsumsi buah tak hanya mendapatkan serat dan nutrisi, Anda pun mendapatkan rasa manis alami dari buah-buahan. Kamu bisa dapatkan sepotong buah untuk membantu memuaskan hasrat gula bagi sebagian orang. Seperti pisang, apel, jeruk bekerja dengan baik.

5. Lakukan aktivitas fisik

Ketika Anda mengidamkan suatu makanan manis untuk dikunyah, atasi hal tersebut dengan melakukan latihan fisik berupa olahraga atau sekedar berjalan kaki di sekitar blok rumah Anda. Hal ini dapat mengalihkan pikiran Anda dari makanan yang Anda idamkan.

6. Makan secara teratur

Menunggu terlalu lama di antara waktu makan dapat membuat Anda memilih makanan manis dan berlemak yang mengurangi rasa lapar Anda. Pada jeda waktu makan yang ada pilih protein, dan makanan kaya serat seperti biji-bijian.

7. Minum segelas air

Beberapa orang mengatakan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan keinginan makan makanan manis

8. Hindari pemanis buatan

Jika Anda merasa bahwa pemanis buatan memicu hasrat untuk Anda, maka Anda harus segera mungkin menghindarinya.

9. Makan lebih banyak protein

Protein sangat bagus untuk mendapatkan rasa kenyang, dan juga dapat membantu mengidam.

10. Tidur nyenyak

Mendapatkan tidur yang tepat dan menyegarkan penting untuk kesehatan secara keseluruhan dan dapat membantu mencegah mengidam.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1547 seconds (0.1#10.140)