Ini 8 Perawatan Kulit Kering yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah

Rabu, 09 November 2022 - 05:25 WIB
loading...
Ini 8 Perawatan Kulit Kering yang Bisa Dilakukan Sendiri di Rumah
Kulit kering merupakan sebuah kondisi yang disebabkan banyak faktor, dan biasanya juga menunjukkan gejala yang mengindikasikan suatu masalah serius. / Foto: ilustrasi/ist
A A A
JAKARTA - Kulit kering merupakan sebuah kondisi yang disebabkan banyak faktor. Kulit kering biasanya juga menunjukkan gejala yang mengindikasikan suatu masalah serius.

Namun, kebanyakan keadaan lingkungan sekitar turut berperan menghilangkan kelembaban kulit. Cuaca panas, air mandi yang terlalu panas, atau sabun yang mengandung bahan keras dapat memicu kulit kering.

Kendati demikian, Anda tak perlu khawatir karena ada perawatan yang dapat dilakukan dari rumah untuk mengembalikan kelembaban kulit seperti dilansir Health Line pada Selasa (8/11/2022).

Baca juga: Park Hyatt Jakarta Borong Dua Penghargaan Exquisite Award 2022

1. Minyak Kelapa

Minyak kelapa memiliki sifat emolien. Emolien mengisi ruang di antara sel-sel kulit, menciptakan permukaan yang halus. Itu sebabnya asam lemak jenuh yang terjadi secara alami dalam minyak kelapa dapat melembabkan dan menghaluskan kulit.

Anda dapat menggunakan minyak kelapa setiap hari, bahkan pada bagian tubuh yang paling sensitif sekalipun. Ini termasuk area di bawah mata dan sekitar mulut Anda. Keuntungan lain dari minyak kelapa adalah Anda tidak perlu mencampurnya dengan apa pun. Kelapa cukup lembut untuk penggunaan sehari-hari yang substansial.

2. Jeli Minyak Bumi

Menurut sebuah penelitian, produk petroleum jelly dapat menyembuhkan kulit pada orang dewasa yang lebih tua. Petroleum jelly, juga dikenal sebagai minyak mineral, menutupi kulit dengan lapisan pelindung. Ini menjebak kelembaban di bawahnya. Sehingga membantu menyembuhkan tambalan kulit yang kering dan teriritasi.

3. Mandi Oatmeal

Ya, Anda tidak salah baca. Anda bisa menggunakan oatmeal untuk mengembalikan kelembaban kulit. Oatmeal adalah obat tradisional yang umum untuk kulit yang teriritasi. Sebuah studi pada 2015 menunjukkan, mengapa nenek dan nenek buyut telah merekomendasikan obat rumahan ini selama berabad-abad, dan ini berhasil.

Oatmeal koloid memiliki antioksidan dan sifat anti-inflamasi yang menenangkan iritasi. Obat ini sangat efektif jika Anda ingin menghilangkan rasa gatal. Setelah Anda mandi oatmeal, pastikan Anda melembabkan kulit Anda untuk mengunci penghalang.

Anda bisa membuat mandi oatmeal di rumah. Gunakan food processor untuk memotong oatmeal menjadi bubuk halus, lalu aduk ke dalam air hangat. Anda juga dapat mencoba salah satu dari banyak produk komersial yang tersedia untuk membuat rendaman oatmeal.

4. Antioksidan dan Omega-3

Ketika kulit Anda kering, itu berarti Anda mengeksposnya ke elemen-elemen yang merusak sel-sel kulit lebih cepat daripada yang dapat diperbaiki oleh tubuh. Ada beberapa makanan yang dapat membantu kulit Anda tampak lebih sehat, menurut Mayo Clinic.

Makanan kaya antioksidan dapat meminimalkan kerusakan dari racun dan membantu tubuh Anda membuat sel-sel yang sehat. Beberapa makanan yang bermanfaat untuk kesehatan kulit antara lain bluberi, tomat, wortel, kacang polong, kacang polong, kacang-kacangan, makanan yang kaya asam lemak omega-3 seperti salmon, juga dapat berkontribusi pada diet untuk kulit lebih bercahaya.

5. Sarung Tangan

Tangan cenderung mengalami kontak paling langsung dengan iritasi lingkungan. Ini termasuk sabun cuci piring dan deterjen.



Biasakan memakai sarung tangan saat tangan Anda berada di dalam air. Mengenakan sarung tangan berinsulasi saat melakukan pekerjaan rumah tangga, atau saat Anda berada di luar dalam suhu ekstrim dapat mengurangi kulit kering dan teriritasi.

6. Sesuaikan Suhu Shower Anda

American Academy of Dermatology mencatat bahwa menghilangkan kulit kering terkadang sesederhana mengubah rutinitas mandi Anda. Sementara kebanyakan orang cenderung mandi air panas, ini bisa membuat kulit melepuh dan menyebabkan kerusakan.

Dan beberapa sabun yang mengklaim dapat melembabkan dan memperbaiki kulit dapat menyebabkan efek sebaliknya. Mereka dapat memicu reaksi alergi dan membuat kulit lebih tipis dengan bahan kimia yang keras.

Mandi sebentar dengan air hangat, bukan air panas. Dan cari sabun yang bebas pewangi dan lebih lembut di kulit daripada sabun tradisional.

7. Gunakan Humidifier

Menyimpan pelembab udara di rumah dapat membantu meminimalkan kekeringan yang disebabkan oleh sistem pemanas rumah. Meskipun gas dan panas listrik menghilangkan kelembapan dari udara, pelembab udara yang diatur ke 60 persen sudah cukup untuk mengimbangi efek ini, menurut Harvard Medical School.

8. Hindari Alergen dan Iritasi

Munculnya kulit kering secara tiba-tiba mungkin berhubungan dengan pakaian yang Anda kenakan atau apa yang membuat kulit Anda terbuka.

Baca juga: Larang Penggunaan Obat Cair, Ini Saran Dinkes DKI Jakarta untuk Atasi Anak Demam

Duduk di dekat perapian, menghabiskan waktu di air yang mengandung klorin atau air yang diolah secara kimia, atau bahkan mengenakan pakaian wol dapat mengiritasi kulit Anda dan membuatnya terasa kering. Periksa apa yang Anda lakukan pada kulit Anda, dan cobalah untuk merawatnya dengan lembut.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)