Cara Membersihkan Kulit Wajah dan Cegah Pori-Pori Tersumbat

Rabu, 09 November 2022 - 11:30 WIB
loading...
A A A
- Elastisitas kulit: penurunan elastisitas kulit membuat pori-pori lebih besar dan lebih terlihat. Pori-pori yang lebih besar bisa menjadi mudah tersumbat.

- Produksi sebum: beberapa orang menghasilkan lebih banyak sebum daripada yang lain. Beberapa faktor yang memengaruhi produksi minyak kulit termasuk hormon, genetika, dan usia.

Siapa pun dapat berpotensi memiliki pori-pori tersumbat dan jerawat. Jerawat paling umum muncul antara usia 12 dan 24 tahun, tetapi beberapa orang berusia 30 dan 40-an juga memiliki jerawat.

Baca Juga: Bersihkan Wajah di Pagi Hari Bantu Hilangkan Residu Sel Kulit Mati dan Bakteri yang Nempel Semalaman
Cara Bersihkan Pori-Pori Tersumbat

Berikut adalah beberapa cara yang dapat dilakukan oleh Anda sendiri di rumah untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat.

1. Gunakan Produk Non-comedogenic

Non-comedogenic artinya suatu produk tidak akan menyumbat pori-pori. Anda dapat mencari produk riasan, perawatan kulit, dan pelindung matahari yang menurut labelnya non-komedogenik atau bebas minyak.

2. Hindari Garuk Bagian Komedo

Beberapa orang merasa tergoda untuk menggaruk, mengorek, atau menggosok pori-pori dan jerawat yang tersumbat. Namun, hal tersebut bisa memperburuk kondisi kulit dengan menyebabkan kerusakan pada kulit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8152 seconds (0.1#10.140)