Ini 6 Sumber Protein yang Baik Dikonsumsi untuk Vegetarian

Rabu, 09 November 2022 - 17:31 WIB
loading...
Ini 6 Sumber Protein yang Baik Dikonsumsi untuk Vegetarian
Vegetarian dan vegan dalam menjalankan program dietnya terkadang khawatir bahwa mereka mungkin kekurangan protein yang cukup. / Foto: ilustrasi/Freepik
A A A
JAKARTA - Vegetarian dan vegan dalam menjalankan program dietnya terkadang khawatir bahwa mereka mungkin kekurangan protein yang cukup.

Akan tetapi, banyak ahli setuju bahwa diet tanpa daging yang terencana dapat menyediakan semua nutrisi yang Anda butuhkan, termasuk protein.

Diketahui makanan nabati tertentu mengandung lebih banyak protein secara signifikan daripada yang lain. Baik menurut penelitian lama maupun terbaru, hasilnya sama-sama menunjukkan bahwa diet protein yang lebih tinggi dapat meningkatkan kekuatan otot, perasaan kenyang, dan penurunan berat badan.

Baca juga: BPOM Kembali Tarik 4 Obat Sirup dengan Cemaran Etilen Glikol Lebihi Ambang Batas

Berikut 6 sumber makanan dan minuman nabati yang mengandung protein dalam jumlah tinggi bagi para vegan atau vegetarian seperti dilansir laman kesehatan Healthline pada Rabu (9/11/2022).

1. Tahu, Tempe, dan Edamame

Tahu, tempe, dan edamame, semuanya berasal dari kedelai dan sangat populer di masakan Asia Timur atau Asia Tenggara. Kedelai dianggap sebagai sumber protein utuh. Ini berarti bahwa mereka menyediakan semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda.

Edamame adalah kedelai yang belum matang dengan rasa manis dan sedikit berumput. Anda perlu mengukus atau merebusnya sebelum dikonsumsi. Selain itu, edamame dapat dinikmati sendiri atau ditambahkan ke sup, salad, atau nasi gulung.

Tahu dibuat dari dadih yang dipadatkan dalam proses yang mirip dengan pembuatan keju. Sedangkan tempe dibuat dengan cara memasak dan dilakukan fermentasi pada kedelai hingga matang, kemudian ditekan menjadi balok.

Tahu sendiri tidak memiliki banyak rasa, tetapi dengan mudah menyerap rasa dari bahan-bahan yang dicampurkan. Sedangkan tempe memiliki rasa yang unik dari biji kedelai, yang sebagian orang tidak menyukainya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1916 seconds (11.210#12.26)