5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Kolesterol Tinggi

Rabu, 09 November 2022 - 22:30 WIB
loading...
5 Manfaat Ubi Jalar untuk Kesehatan, Salah Satunya Kurangi Kolesterol Tinggi
Manfaat ubi jalar untuk kesehatan sangat beragam. Salah satunya mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah yang bisa menyebabkan masalah kesehatan serius. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Manfaat ubi jalar untuk kesehatan sangat beragam. Salah satunya mengurangi kadar kolesterol tinggi dalam darah yang bisa menyebabkan masalah kesehatan serius seperti stroke hingga serangan jantung.

Di Indonesia, ubi jalar banyak disukai masyarakat. Karena selain memiliki rasa yang manis, ini termasuk makanan yang bisa diolah dengan mudah.

Karena itu, ada berbagai jenis olahan ubi jalar yang bisa dikonsumsi. Selain membuat perut menjadi kenyang dan rasanya yang enak, ubi jalar juga mengandung banyak nutrisi yang bisa memenuhi kebutuhan gizi sehari-hari.

Berikut mafaat ubi jalar untuk kesehatan seperti dilansir dari BBC Good Food, Rabu (9/11/2022).



1. Mengurangi Risiko Kanker

Ubi jalar kaya dengan antioksidan, senyawa yang membantu mempertahankan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Sebuah penelitian menunjukan, bahwa antioksidan pada kulit ubi jalar, khususnya ubi jalar ungu, bisa membantu mengurangi proses oksidasi, hingga bisa mengurangi risiko kanker.

Untuk mendapat nutrisi maksimal dari ubi jalar, jangan kupas bagian kulit dan cukup gosok dengan baik sebelum dimasak.

2. Kesehatan Pencernaan

Ubi jalar mengandung banyak serat yang sudah terbukti meningkatkan sistem pencernaan. Sebuah penelitian menyebutkan, fitosterol dalam ubi jalar memiliki efek perlindungan pada sistem pencernaan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 1.2717 seconds (0.1#10.140)