Kolesterol Bisa Terjadi di Umur Berapa? Waspadai!

Kamis, 10 November 2022 - 15:25 WIB
loading...
Kolesterol Bisa Terjadi di Umur Berapa? Waspadai!
Kolesterol merupakan penyakit yang berbahaya bila tidak segera ditangani. Foto DOK ist
A A A
JAKARTA - Kolesterol merupakan penyakit yang berbahaya bila tidak segera ditangani. Biasanya, penyakit yang disebabkan oleh pola makan dan gaya hidup ini menyerang orang tua atau lanjut usia .

Dalam Jurnal bertajuk Hubungan Umur, Jenis Kelamin, dan Kegemukan dengan Kadar Kolesterol menjelaskan bahwa terdapat klausul usia dengan kadar kolesterol. Biasanya kadar kolesterol mulai meningkat ini pada usia tua lantaran mengalami penurunan fisik sehingga kecenderungan terserang penyakit lebih besar.

Baca juga : 9 Cara Efektif Menurunkan Kolesterol Jahat dan Menaikkan Kolesterol Baik

Meski begitu tak sedikit juga kaula muda yang menderita kolesterol tinggi karena pola hidup yang tidak teratur.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di SMA Negeri 1 Sei Raya, Kalimantan Barat, terhadap beberapa guru. Kadar kolesterol tinggi muncul di kelompok usia 21 sampai 30 tahun dengan persentase 4,3%. Sementara persentase tertinggi yakni 34,8% diperoleh dari kelompok usia 51 sampai 60 tahun.

Penelitian lain berada di Kota Bandar Lampung menganalisis data hubungan usia dengan kadar kolesterol terhadap 400 responden dari kelompok usia yang berbeda.

Baca juga : Mencegah Kolesterol? Begini Caranya!

Dimulai dari kelompok remaja dari usia 10-24 tahun, dewasa 25-44 tahun, dan tua 45-46 tahun. Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa semua usia yang didata punya kecenderungan terjangkit kolesterol tinggi.

Meksi angka tertinggi penderita kolesterol dipegang usia tua, masa usia remaja juga menderita kolesterol meskipun persentasenya kecil.

Semakin bertambahnya usia juga akan mempertinggi kemungkinan terjangkit kadar kolesterol tinggi. Oleh karenanya pola hidup sehat musti dijalankan.
(bim)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)