5 Potensi Manfaat Cayenne Pepper untuk Kesehatan, Nomor 4 Ampuh Kurangi Peradangan

Jum'at, 11 November 2022 - 17:06 WIB
loading...
5 Potensi Manfaat Cayenne Pepper untuk Kesehatan, Nomor 4 Ampuh Kurangi Peradangan
Cayenne Pepper adalah jenis cabai dengan cita rasa yang cukup pedas, berkat senyawa yang disebut capsaicin. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Cayenne Pepper secara ilmiah dikenal sebagai Capsicum annuum, termasuk dalam keluarga tanaman Solanaceae atau nightshade, yang juga termasuk tomat, terong, dan kentang.

Cayenne Pepper adalah jenis cabai dengan cita rasa yang cukup pedas, berkat senyawa yang disebut capsaicin.Cayenne pepper mungkin menawarkan beberapa manfaat kesehatan, namun penelitian terhadap cayenne pepper masih terbatas pada manfaat kesehatan potensial yang terkait dengan konsumsi cayenne pepper secara khusus.

Meskipun demikian, menambahkan cayenne pepper ke dalam makanan Anda dapat bermanfaat bagi kesehatan Anda dalam beberapa cara. Berikut 6 potensi manfaat cabai Cayenne dilansir dari Healthline (11/11/2022).

1. Mengandung beberapa nutrisi penting

Cayenne pepper dan jenis cabai lainnya adalah sumber nutrisi yang terkonsentrasi dan dapat menjadi tambahan yang sehat untuk diet Anda. Berikut rincian nutrisi untuk satu cabai merah pedas 45 gram, Kalori 18, Protein 0,8 gram, Lemak 0,2 gram Karbohidrat 3,9 gram, Serat 0,7 gram, Vitamin C: 72% dari DV, Provitamin A 48% dari Nilai Harian (DV), Vitamin B6: 13% dari DV Vitamin K: 5% dari DV.



Seperti yang Anda lihat, satu cabai saja telah memberikan jumlah nutrisi yang mengesankan.

Cabai seperti cayenne pepper sangat kaya akan provitamin A karotenoid dan vitamin C. Vitamin A ada dalam dua bentuk: provitamin A dan vitamin A preformed. Karotenoid provitamin A ditemukan dalam makanan nabati, sedangkan vitamin A preformed terkonsentrasi pada makanan hewani.

Karotenoid provitamin A yang ditemukan dalam cabai termasuk alfa karoten dan beta karoten, yang dapat diubah tubuh menjadi bentuk vitamin aktif.

Vitamin A adalah nutrisi penting yang terlibat dalam banyak aspek kesehatan. Misalnya, perlu untuk

* Fungsi sistem kekebalan tubuh

* Penglihatan

* Reproduksi

* Pertumbuhan dan perkembangan kesehatan tulang



Plus, cabai seperti cayenne pepper dikemas dengan vitamin C. Hanya satu cabai 45 gram menyediakan 72% nutrisi ini. Seperti vitamin A, vitamin C sangat penting untuk kesehatan kekebalan tubuh. Ini juga memainkan peran penting dalam produksi kolagen, penyerapan zat besi, dan sintesis neurotransmitter.

Selain itu, cabai seperti cayenne pepper memberikan nutrisi seperti B6, vitamin K, kalium, dan magnesium.

Meskipun cabai rawit bergizi, kebanyakan orang hanya bisa menangani sebagian kecil karena rasa pedasnya yang kuat. Namun, mengkonsumsi cayenne pepper dalam jumlah kecil secara teratur dapat berkontribusi pada peningkatan asupan nutrisi tertentu.

2. Sumber capsaicin

Banyak manfaat kesehatan yang dikaitkan dengan cabai seperti cayenne pepper terkait dengan kandungan capsaicin nya. Cayenne Pepper mengandung berbagai senyawa yang disebut capsaicinoids, tetapi capsaicin adalah yang paling melimpah.

Ketika Anda mengkonsumsinya dalam bentuk suplemen dosis tinggi atau menerapkannya secara topikal, capsaicin dapat menawarkan beberapa manfaat kesehatan, termasuk:

* Pereda sakit

* Peningkatan kinerja atletik

* Menurunkan kadar gula darah

Penelitian juga menunjukkan bahwa capsaicin memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan. Namun, tidak jelas apakah jumlah capsaicin yang dikonsumsi dalam porsi normal cayenne pepper dan cabai lainnya memiliki manfaat yang berarti.

Meskipun capsaicin yang ditemukan dalam cayenne pepper kemungkinan menawarkan beberapa manfaat, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memahami sepenuhnya bagaimana capsaicin yang berasal dari ukuran porsi normal cayenne pepper mempengaruhi kesehatan.

3. Dikemas dengan senyawa tanaman yang bermanfaat

Meskipun capsaicin mungkin merupakan senyawa tanaman paling terkenal yang ditemukan dalam cayenne pepper, mereka memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi dalam tubuh.

Misalnya, cayenne pepper menyediakan flavonoid, vitamin karotenoid.

Semua ini dapat membantu melindungi terhadap kerusakan sel yang disebabkan oleh stres oksidatif - ketidakseimbangan antara molekul perusak yang disebut radikal bebas dan pertahanan antioksidan dalam tubuh.

Sebuah studi tahun 2015 menunjukkan bahwa varietas cabai Capsicum annuum, termasuk jenis cayenne pepper, memiliki aktivitas antioksidan paling besar dibandingkan dengan jenis cabai lainnya, termasuk cabai jenis habanero.

4. Makan cabai secara teratur dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan

Meskipun penelitian tentang asupan dan kesehatan cayenne pepper terbatas, beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi cabai secara umum dengan peningkatan hasil kesehatan.

Para peneliti berpikir bahwa senyawa bermanfaat yang ditemukan dalam cabai, termasuk capsaicin, dapat membantu mengurangi peradangan dan kerusakan oksidatif, yang dapat membantu melindungi terhadap kondisi kesehatan tertentu, termasuk penyakit jantung.

Beberapa peneliti menyarankan bahwa capsaicin dapat meningkatkan aspek-aspek tertentu dari kesehatan kardiovaskular, termasuk fungsi pembuluh darah, tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat potensial ini.

5. Dapat membumbui makanan tanpa tambahan garam

Meskipun garam tidak buruk untuk Anda ketika Anda memakannya dalam jumlah kecil, mengonsumsi terlalu banyak garam dapat membahayakan kesehatan Anda dan bahkan dapat meningkatkan risiko kondisi kesehatan tertentu seperti tekanan darah tinggi dan penyakit jantung .

Menariknya, menggunakan cayenne pepper untuk membumbui makanan Anda dapat membantu Anda mengurangi asupan garam.Jika Anda menggunakan garam untuk membumbui makanan Anda, Anda bisa mencoba menambahkan sejumput bubuk cayenne pepper untuk melihat apakah itu membantu Anda menggunakan lebih sedikit garam.

Anda juga dapat mencoba menambahkan cayenne pepper segar yang dicincang halus ke dalam resep seperti telur dadar dan saus salad untuk mengurangi kebutuhan garam tambahan.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2144 seconds (0.1#10.140)