Mengenal Diabetes Tipe 1, Penyakit yang Telah Lama Diidap Penyanyi Nick Jonas

Minggu, 13 November 2022 - 13:35 WIB
loading...
Mengenal Diabetes Tipe 1, Penyakit yang Telah Lama Diidap Penyanyi Nick Jonas
Penyanyi sekaligus aktor Nick Jonas baru-baru ini kembali mengunggah sebuah postingan terkait penyakit diabetes tipe 1 yang telah lama diidapnya. Foto/Ilustrasi/Ist
A A A
JAKARTA - Penyanyi sekaligus aktor Nick Jonas baru-baru ini kembali mengunggah sebuah postingan terkait penyakit diabetes tipe 1 yang telah lama diidapnya.

Melalui unggahannya tersebut, ia mengajak para followersnya untuk menyadari beberapa tanda yang kerap terjadi pada penderita diabetes tipe 1 seperti yang dialaminya selama ini.

“Saya memiliki 4 tanda selama hidup dengan diabetes tipe 1 : haus yang berlebihan, penurunan berat badan, sering buang air kecil, dan mudah marah,” tulis Nick Jonas, dalam keterangan unggahan di akun Instagramnya, @nickjonas, Minggu, (13/11/2022).

“Ini dapat dikenali sebagai tanda-tanda umum diabetes tipe 1. saya membagikan tanda-tanda saya sehingga orang lain dapat melihat tanda-tandanya,” lanjut suami dari Priyanka Copra.



Lantas, apa sebenarnya penyakit diabetes tipe 1 dan gejala-gejala apa saja yang dirasakan bagi penderitanya?

Diabetes tipe 1 merupakan kondisi ketika kadar gula atau glukosa dalam darah naik melebihi batas normal akibat tubuh tidak menghasilkan cukup insulin.

Penyebab diabetes ini adalah ketidakmampuan pankreas untuk memproduksi cukup insulin, sehingga glukosa di dalam darah tidak dapat masuk ke dalam sel.

Gangguan pada pankreas ini diduga karena proses autoimun, yaitu ketika sistem kekebalan tubuh seseorang menyerang sel-sel tubuh yang sehat.

Pada diabetes tipe 1, sistem kekebalan tubuh tersebut menyerang dan merusak sel beta pada pankreas, sehingga tidak dapat memproduksi cukup insulin.

Beberapa hal yang bisa menjadi penyebab kerusakan sel beta pankreas, antara lain infeksi virus (enterovirus, virus Epstein-Barr, virus rubella, rotavirus, serta virus gondongan), konsumsi obat-obatan tertentu, serta pengaruh gluten.

Beberapa gejala dari diabetes tipe 1, antara lain sering buang air kecil terutama pada malam hari (polyuria), sering haus (polydipsia), sering merasa lapar (polyphagia), berat badan turun meskipun pola makan tetap sama, pandangan kabur, kelelahan terus-menerus, mudah diserang penyakit infeksi, luka yang lama sembuh, merasa kaku atau kesemutan pada kaki.

Pada pengidap diabetes tipe 1, gejala bisa terjadi secara tiba-tiba. Sebaiknya jangan abaikan ketika kamu mengalami keluhan kesehatan yang terkait dengan gejala diabetes tipe 1.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1401 seconds (0.1#10.140)