5 Bahaya Kandungan EG dan DEG untuk Tubuh

Minggu, 13 November 2022 - 16:55 WIB
loading...
5 Bahaya Kandungan EG dan DEG untuk Tubuh
Bahaya kandung EG dan DEG untuk tubuh saat ini tengah menjadi sorotan masyarakat imbas banyaknya kasus gagal ginjal akut yang ditemukan pada anak-anak. Foto Ilustrasi/Getty Images/iStock/John Kevin
A A A
JAKARTA - Bahaya kandung EG dan DEG untuk tubuh saat ini tengah menjadi sorotan masyarakat imbas banyaknya kasus gagal ginjal akut yang ditemukan pada anak-anak.

Kasus itu sendiri hingga kini masih didalami oleh Kementerian Kesehatan, Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI), dan pihak lainnya terkait apa sebenarnya yang menyebabkan gagal ginjal akut misterius tersebut.

Hanya, menurut hasil penelitian diketahui bahwa anak-anak yang menderita gagal ginjal akut itu telah mengonsumsi obat sirup yang di dalamnya mengandung etilen glikol (EG) dan dietilen glikol (DEG) yang melebihi ambang batas aman.



Jadi pertanyaan sekarang, apa sebenarnya bahaya EG dan DEG untuk tubuh? Berikut informasinya.

1. Gangguan Pernapasan

Menurut penelitian, banyak pasien yang mengonsumsi EG mengalami gangguan pernapasan sehingga membutuhkan alat bantu napas atau intubasi endotrakeal.

2. Merusak Organ Tubuh

Efek dari mengonsumsi EG dan DEG yang berlebihan adalah rusak otak, paru-paru, hati, dan ginjal.

3. Gagal Ginjal Akut

Sejauh ini dugaan terkuat gagal ginjal akut di Indonesia akibat adanya kandungan toksik di dalam obat sirup. EG dan DEG merupakan kandungan cemaran yang ditemukan dalam obat sirup, yang jika dikonsumsi berlebihan berdampak pada kerusakan ginjal.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2181 seconds (0.1#10.140)