Penyakit Tidak Menular Jadi Beban Negara, PB IDI Minta Perbanyak Upaya Deteksi Dini

Senin, 14 November 2022 - 17:44 WIB
loading...
Penyakit Tidak Menular Jadi Beban Negara, PB IDI Minta Perbanyak Upaya Deteksi Dini
PB IDI mendorong pemerintah untuk semakin banyak melakukan deteksi dini penyakit di masyarakat. Upaya preventif semacam ini lebih bermakna dan meringankan beban negara. Foto/Dok.Sindonews
A A A
JAKARTA - Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) mendorong pemerintah untuk semakin banyak deteksi dini penyakit di masyarakat. Upaya preventif semacam ini lebih bermakna dan meringankan beban negara.

Sebab, dampak dari masih tingginya kasus penyakit tidak menular di Indonesia membuat anggaran BPJS Kesehatan membengkak. Pada 2020 saja misalnya, anggaran yang harus digelontorkan untuk mengobati penyakit tidak menular di Indonesia capai Rp17,5 triliun.

Salah satu program PB IDI yang ditujukan untuk mengurangi beban negara akibat tingginya kasus penyakit tidak menular adalah memasifkan deteksi dini. Itu kenapa program 'Skrining Nasional Penyakit Tidak Menular' dibuat bekerja sama dengan aplikasi Doctor to Doctor (D2D).

"Program ini sejalan dengan prioritas kerja pemerintah di bidang kesehatan yang diarahkan pada peningkatan upaya promotif dan preventif, di samping peningkatan akses pada pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat," terang Ketua Umum PB IDI Adib Khumaidi, dalam keterangan yang diterima MNC Portal, Senin (14/11/2022).



"IDI berkomitmen senantiasa meningkatkan kompetensi dan literasi digital tenaga kesehatan di Indonesia. Ya, salah satunya berkolaborasi dengan D2D di program Skrining Nasional Penyakit Tidak Menular ini," tambah Adib.

Lebih lanjut, dengan adanya program kolaborasi dengan IDI tersebut, diharapkan dapat memberi kemudahan untuk para dokter melakukan pendataan hasil skrining nasional penyakit tidak menular dan membaktikan diri ke masyarakat.

"Dengan begitu, semakin banyak masyarakat Indonesia yang terhindar dari berbagai faktor risiko penyakit atau melakukan pengobatan lebih awal," ungkap papar Head of Doctor Pillar PT Global Urban Esensial (GUE) Mohamad Salahudin.

Dokter yang terlibat dalam program kegiatan skrining nasional penyakit tidak menular ini nantinya akan mendapatkan poin Satuan Kredit Profesi (SKP) dalam ranah pengabdian masyarakat.

Diketahui juga bahwa PB IDI dan D2D akan memberikan penghargaan kepada dokter-dokter yang paling aktif dalam melakukan skrining dilihat dari jumlah masyarakat yang telah diskrining oleh dokter tersebut.
(hri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2640 seconds (0.1#10.140)