Stroke dan Jantung Sumbang Kematian Terbesar di Indonesia

Kamis, 17 November 2022 - 09:08 WIB
loading...
A A A
Kepala RSPAU dr Suhardi Hardjolukito Marsekal Pertama TNI dr Mukti Arja Berlian mengatakan, setiap tahun jutaan manusia meninggal karena beragam penyakit.

Data WHO 2021 menyampaikan sebanyak 71 persen warga meninggal dunia disebabkan oleh penyakit tidak menular. Artinya penyakit yang membutuhkan biaya yang tinggi dan secara medis beresiko mengancam dan membahayakan jiwa.

“Menteri Kesehatan juga menyampaikan bahwa Indonesia mengalami peningkatan dalam prevelensi penyakit tidak menular. Stroke dan jantung menjadi penyebab kematian tertinggi di Indonesia dan masuk 5 besar,” katanya.

Kurangnya pemahaman mengenai gejala penyakit tersebut, membuat penderita tidak menyadari bahwa mereka terkena serangan jantung atau stroke. Penderita mungkin mengingat gejala kecil seperti kelelahan atau menahan dada dengan penyakit seperti flu atau gangguan pencernaan, sehingga menyebabkan banyak kasus kematian akibat penyakit ini.

Sebagai bentuk pencegahan, pihaknya menggelar webinar ini bagi anggota dan masyarakat luas. Webinar ini sesuai dengan visi dan misi RSPAU, salah satunya adalah mencegah lebih baik dari mengobati. Maka pihaknya bertanggung jawab untuk mengedukasi masyarakat.
(msd)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1886 seconds (0.1#10.140)