6 Gejala Asam Urat di Tangan yang Tidak Boleh Disepelekan

Senin, 21 November 2022 - 05:00 WIB
loading...
6 Gejala Asam Urat di Tangan yang Tidak Boleh Disepelekan
Ada berbagai gejala asam urat di tangan. Gejala ini tidak boleh disepelekan lantaran bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa hingga mengganggu aktivitas. Foto/Getty Images
A A A
JAKARTA - Ada berbagai gejala asam urat di tangan. Gejala ini tidak boleh disepelekan lantaran bisa menyebabkan rasa sakit yang luar biasa hingga mengganggu aktivitas harian Anda. Asam urat adalah radang sendi yang disebabkan kadar asam urat yang tinggi dalam darah.

Serangan asam urat bisa tiba-tiba dan menyakitkan. Anda akan mengalami rasa terbakar, dan sendi yang terkena bisa menjadi kaku dan bengkak. Beberapa orang tidak menunjukkan gejala.

Ini berarti mereka tidak memiliki gejala, meskipun memiliki peningkatan kadar asam urat dalam darah mereka. Orang-orang ini tidak memerlukan perawatan. Namun, yang lain memiliki gejala akut atau kronis yang memerlukan perawatan.

Gejala akut datang tiba-tiba dan terjadi untuk waktu yang relatif singkat. Gejala kronis adalah hasil dari serangan asam urat berulang dalam jangka waktu yang lama. Berikut gejala asam urat dilansir di tangan dilansir dari Health Line, Senin (21/11/2022).



1. Nyeri, Kemerahan dan Bengkak

Nyeri, kemerahan, dan pembengkakan adalah gejala utama serangan asam urat. Ini bisa terjadi di malam hari dan membangunkan Anda dari tidur. Bahkan sentuhan ringan pada sendi bisa menyiksa.

2. Sulit Bergerak

Penderita asam urat biasanya kesulitan untuk bergerak atau membungkuk. Gejala-gejala ini biasanya terjadi hanya pada satu sendi pada satu waktu dan paling sering di jempol kaki. Tetapi sendi lain juga sering terpengaruh.

3. Gejala Tiba-tiba

Gejala datang tiba-tiba dan paling parah selama 12 hingga 24 jam. Namun, gejala asam urat juga bisa berlangsung selama 10 hari.



4. Serangan Berulang

Rasa sakit dan peradangan yang terkait dengan serangan asam urat biasanya hilang sepenuhnya di antara serangan. Tetapi serangan berulang asam urat akut dapat menyebabkan kerusakan yang lebih permanen.

5. Kulit Gatal dan Mengelupas

Seiring dengan nyeri sendi, peradangan, kemerahan, dan pembengkakan, asam urat dapat mengurangi mobilitas sendi. Saat asam urat membaik, kulit di sekitar sendi Anda yang terkena mungkin gatal dan mengelupas.

6. Sendi Terasa Hangat

Asam urat dapat mempengaruhi banyak sendi di seluruh tubuh. Biasanya, serangan asam urat pertama terjadi pada persendian jempol kaki. Serangan bisa terjadi secara tiba-tiba, dengan jari kaki Anda tampak bengkak dan hangat saat disentuh.

Selain jempol kaki, sendi lain yang terkena asam urat meliputi pergelangan kaki, lutut, jari, siku, pergelangan tangan dan punggung kaki.

(dra)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3641 seconds (0.1#10.140)